Transportasi

Sampai ke Mahkamah Agung, Masyarakat Kaltim Minta Tarif Tol Balikpapan-Samarinda Diturunkan

Point utama, disampaikan Vico, pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda ada komponen APBD di dalamnya.

TRIBUNKALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
TOL PALARAN- Gerbang Tol Balikpapan -Samarinda (BalSam) Palaran Kota Samarinda, Kalimantan Timur Senin (15/6/2020).TribunKaltim/Nevrianto Hardi Prasetyo. 

Sampai ke Mahkamah Agung, Masyarakat Kaltim Minta Tarif Tol Balikpapan-Samarinda Diturunkan

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tidak setujunya masyarakat Kaltim terhadap tarif jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang telah ditetapkan, akan ditindaklanjuti dengan uji materiil ke Mahkamah Agung (MA)

Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) Nomor 534/KPTS/M/2020 akan menjadi objek gugatan masayarakat Kaltim.

Keputusan yang berisikan tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Tarif Jalan Tol pada Jalan Tol Balikpapan Samarinda Seksi 2, 3 dan 4 (Samboja - Simpang Jembatan Mahkota 2) dinilai bertentangan dengan undang-undang diatasnya.

“Bukan hanya itu, apakah aturan ini juga bertentangan dengan Peraturan Pemerintah ( PP ) Nonor 43 Tahun 2013 dan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang Jalan Tol,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon selularnya, pada Selasa (16/6/2020).

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Kaltim Isran Noor meninjau kesiapan Tol Balikpapan-Samarinda di Gerbang Tol Samboja, Kaltim, Selasa (17/12/2019). Berikut ini besaran tarif tol Balikpapan - Samarinda ( Balsam ) yang rencananya mulai berlaku 12 Juni 2020, ini cara isi saldo e-Toll card, satu kartu untuk satu mobil
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Kaltim Isran Noor meninjau kesiapan Tol Balikpapan-Samarinda di Gerbang Tol Samboja, Kaltim, Selasa (17/12/2019). Berikut ini besaran tarif tol Balikpapan - Samarinda ( Balsam ) yang rencananya mulai berlaku 12 Juni 2020, ini cara isi saldo e-Toll card, satu kartu untuk satu mobil (TRIBUNNEWS/BIRO PERS/AGUS SUPARTO)

“Rencana diajukan bukan hanya dari saya. Tapi, ada beberapa masyarakat Kaltim yang menjadi prinsipal atau pemohon.

Kemudian, kita juga sudah ada beberapa lawyer siap menjadi kuasa di MA. Hal ini juga, sudah beberapa kali dibahas,” lanjutnya.

Point utama, disampaikan Vico, pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda ada komponen APBD di dalamnya.

Sehingga, dikatakan olehnya, seharusnya tarifnya lebih rendah dari tarif yang ada.

Berbeda halnya, apabila jalan tol dibangun murni menggunakan dana APBN.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved