Travel Alert

Tidak Pakai Masker di Balikpapan Bisa Kena Sanksi, Rampungkan Payung Hukumnya

sehebat apapun gugus tugas dan aparat yang melakukan pengawasan, tak akan berhasil apabila masyarakat tak memiliki kesadaran.

Tribun Kaltim/BUDI SUSILO
Ilustrasi. Masyarakat Kota Balikpapan mengenakan masker dan menerapkan jaga jarak saat berbelanja. 

Tidak Pakai Masker di Balikpapan Bisa Kena Sanksi, Rampungkan Payung Hukumnya

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Menghadapi tatanan kehidupan baru atau new normal, pemerintah Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur masih terus menggodok peraturan walikota atau Perwali.

Aturan ini nantinya akan menjadi pengikat bagi masyarakat Kota Balikpapan, melebihi imbauan yang dituangkan dalam surat edaran.

Perwali itu dalam rencananya akan mengatur mengenai kewajiban pelaksanaan protokol kesehatan dalam masa pandemi covid-19.

Meski begitu, Rizal berharap bahwasannya masyarakat dapat menidisiplinkan diri sendiri dalam melakukan edukasi terkait covid-19.

Menurutnya sehebat apapun gugus tugas dan aparat yang melakukan pengawasan, tak akan berhasil apabila masyarakat tak memiliki kesadaran.

"Sehebat apapun sanksi kuncinya tetap dimasyarakatnya. Kita harap masyarakat menyadari bahwa kita belum lepas dari covid-19," ujarnya.

Dari data yang dihimpun, dalam 3 hari terakhir saja misalnya, terdapat peningkatan kasus baru covid-19 yang angkanya hampir mencapai 20 kasus.

Diantaranya didominasi oleh kasus transmisi lokal dan pekerja migas. Kejadian transmisi lokal ini pun berada diluar dugaan pemerintah Kota Balikpapan.

“Seperti hari ini ada 3 kasus baru, kemarin ada 7 kasus baru, sebelumnya juga ada 9 kasus baru, kita tekankan harus waspada,” katanya.

ILUSTRASI - Kenakan masker saat sambangi Plaza Balikpapan yang sepi pengunjung kala pandemi Corona di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (23/5/2020) sore.
ILUSTRASI - Kenakan masker saat sambangi Plaza Balikpapan yang sepi pengunjung kala pandemi Corona di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (23/5/2020) sore. (TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved