Haji & Umrah

Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, Arab Saudi tak Kunjung Membuka Akses

Menurut Fachrul Razi, keputusan ini diambil setelah pemerintah Arab Saudi tidak juga membuka akses kepada negara manapun untuk menyelenggarakan Ibadah

istimewa
Lakukan Sterilisasi Virus Corona, Arab Saudi Kosongkan Mataf Masjidil Haram Mekkah. Laporkan jumlah kasus infeksi tertinggi di wilayah Teluk, Arab Saudi lokcdown penuh selama Idul Fitri, ada denda hingga Rp 800 juta bagi pelanggar karantina 

Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, Arab Saudi tak Kunjung Membuka Akses

TRIBUNKALTIM.CO - Resmi pengumuman pemerintah bahwa Ibadah Haji 2020 ditiadakan, Menteri Agama ( Menag) Fachrul Razi sebut Arab Saudi tak kunjung membuka akses.

Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan membatalkan pemberangkatan jemaah Ibadah Haji tahun 2020.

Keputusan membatalkan pemberangkatan jemaah Ibadah Haji diumumkan oleh Menteri Agama Fachrul Razi dalam konfrensi pers di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Mantan Wakil Panglima TNI itu mengatakan pembatalan pemberangkatan jemaah haji itu berlaku bagi seluruh warga Indonesia, baik dari jemaah haji reguler maupun jemaah undangan.

 

Alasan pemerintah

Menurut Fachrul Razi, keputusan ini diambil setelah pemerintah Arab Saudi tidak juga membuka akses kepada negara manapun untuk menyelenggarakan Ibadah Haji.

"Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun. Akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan," ucap Fachrul.

Fachrul mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi VIII DPR RI untuk mengambil keputusan ini.

Seperti diketahui, Kementerian Agama sebelumnya telah menetapkan tenggat waktu keputusan mengenai haji Pemerintah Arab Saudi pada 20 Mei 2020.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved