Destinasi Wisata

Tidak Hanya Kelonggaran Wisata Bali, Hotel dan Restoran di Yogyakarta Kembali Beroperasi Bulan Ini

Sejak protokol pencegahan covid-19 diberlakukan, jumlah wisatawan dan tamu hotel serta restoran menurun drastis.

Booking.com
Happy Buddha Hotel Yogyakarta, salah satu penginapan dengan harga di bawah Rp 100.000 di Yogyakarta. 

Tidak Hanya Kelonggaran Wisata Bali, Hotel dan Restoran di Yogyakarta Kembali Beroperasi Bulan Ini

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI DI Yogyakarta, Deddy Pranowo Eriyono mengungkapkan, mulai Juni 2020 pelaku usaha perhotelan dan restoran mendapat kelonggaran dari pemerintah untuk beroperasi kembali. 

"Mulai Juni, hotel dan restoran dipersilahkan beroperasi namun tetap wajib memperketat protokol pencegahan Covid-19," kata Deddy Pranowo Eriyon.

Sejak protokol pencegahan covid-19 diberlakukan, jumlah wisatawan dan tamu hotel serta restoran menurun drastis.

Sementara beban operasional seperti gaji pegawai, biaya listrik, air, dan sebagainya tetap harus dibayarkan.  "Kami menyambut baik beroperasinya kembali hotel dan restoran ini. Setidaknya pelonggaran ini dapat meredam ancaman PHK bagi karyawan hotel dan restoran," ujarnya.

Meski begitu, pengelola hotel dan restoran juga diwajibkan untuk menggencarkan kampanye pencegahan penyebaran virus corona dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Pembatasan jumlah kamar sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona ini juga untuk meyakinkan konsumen bahwa hotel benar-benar serius menjalankan protokol pencegahan penularan virus," ujar Deddy. 

Kendati sudah mendapat lampu hijau untuk kembali menerima tamu, Deddy Pranowo mengatakan belum semua hotel akan siap beroperasi. 

Pasalnya, ada beberapa hotel yang sudah merumahkan pegawainya. Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, Singgih Rahardjo mengatakan, untuk meringankan beban pelaku usaha perhotelan PHRI bersama pemerintah kabupaten/kota telah memberikan insentif selama masa wabah corona.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved