Mudik Lebaran

90 Persen Kasus Positif Covid-19 di Riau Berasal dari Pemudik

Para pemudik ini rupanya tancap gas dan nekat menerobos pulang ke Sumatera tersebut terjadi pada Selasa (28/4) dini hari.

Tribunnews
Imbauan larangan mudik lebaran 

90 Persen Kasus Positif Covid-19 di Riau Berasal dari Pemudik

TRIBUNKALTIM.CO - Upaya larangan mudik yang dilakukan pemerintah beserta jajaran TNI, Polri, dan Kemenhub untuk memutus rantai penyebaran virus corona di Tanah Air dinilai belum maksimal.

Pasalnya, sekitar 3 bulan lalu, beberapa pengendara sepeda motor dan mobil berhasil menerobos barikade check point di Pelabuhan Merak, Banten.

Para pemudik ini rupanya tancap gas dan nekat menerobos pulang ke Sumatera tersebut terjadi pada Selasa (28/4) dini hari.

Bahkan hingga saat ini, ratusan pemudik masih memadati Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke kampung halaman.

Sayangnya, dibalik aksi nekat para pemudik tersebut baru-baru ini ditemukan bahwa 90% kasus positif Covid-19 di Riau, Sumatera Barat berasal dari para pemudik.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengungkapkan bahwa 90% kasus positif Covid-19 berasal dari masyarakat yang melakukan mudik atau pulang kampung ke Riau.

Hal ini berdasarkan data per Senin (18/5/2020), di mana kasus positif Covid-19 sudah mencapai 101 kasus, dengan rincian 34 dirawat, 61 sembuh dan dipulangkan, serta 6 orang meninggal dunia.

"Kita ketahui dalam dua pekan terakhir ini, di Provinsi Riau mendapatkan kasus positif 90 persennya itu impor semuanya. Di antara itu, ada yang dari Sukabumi, Jawa Timur, Palembang, Medan dan Padang," ucap Yovi, dikutip dari Kompas.com.

Kepulangan warga dari 5 daerah tersebut menjadi klaster penularan virus corona. 

Aparat kepolisian berjaga di pintu-pintu masuk jalur mudik.
Aparat kepolisian berjaga di pintu-pintu masuk jalur mudik. (KOMPAS)
Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved