Tips dan Trik

Tips Aman Berkendara Saat Hujan dari Astra Motor Samarinda

Perlu diketahui bahwa berkendara saat hujan memiliki banyak resiko dan potensi bahaya yang sangat besar. Tingkat kewaspadaan yang tinggi sudah pasti

Tribun Kaltim
Cuaca hujan di Kota Samarinda 

Tips Aman Berkendara Saat Hujan dari Astra Motor Samarinda
TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sekarang hujan sudah mulai sering turun nih, apakah saat hujan bubuhan Honda Etam lebih memilih untuk tidak berpegian naik motor?

Atau akan tetap berpergian keluar rumah karena tuntutan pekerjaan serta aktifitas lainnya dengan mengendarai sepeda motor?

Perlu diketahui bahwa berkendara saat hujan memiliki banyak resiko dan potensi bahaya yang sangat besar. Tingkat kewaspadaan yang tinggi sudah pasti sangat dibutuhkan.

Karena tidak seperti saat cuaca sedang cerah, berkendara di saat hujan memerlukan perhatian khusus mengingat ada banyak potensi buruk yang apabila tidak berhati-hati, maka dapat mengakibatkan kendaraan slip dan menjadi awal celaka.

Menyikapi kondisi tersebut, maka Astra Motor Samarinda selaku Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur, Melak, dan Malinau yang dikenal konsisten mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas.

Bubuhan Honda Etam yang akan tetap berkendara dengan sepeda motor saat hujan agar tetap aman dijalan, inilah beberapa tips yang harus bubuhan Honda Etam ketahui jika ingin berkendara pakai motor saat hujan berdasarkan pengalaman Safety Riding Officer tim Safety Riding Main Dealer Astra Motor Samarinda, Fajrin Nur Huda dirilis Senin( 11/5/2020) malam.

1. Pilih ‘riding gear’ yang tepat
Selama musim hujan ada baiknya menaruh jas hujan kedap air, sarung tangan, sepatu bot, dan rompi. Perlengkapan tersebut akan sangat membantu melindungi tubuh disaat hujan tidak terkontrol lagi. 

2. Gunakan Jas Hujan ketika sudah mulai hujan
Saat hujan mulai turun, sebaiknya segera menepi atau berteduh. Pada 10 menit pertama, debu dan pasir jalanan sedang tergerus air menuju ke tepi jalan sehingga jalan akan menjadi sangat licin. Lalu, segera gunakan jas hujan. Jangan menunda untuk menggunakan jas hujan, banyak terjadi kecelakaan karena sepeda motor yang tiba-tiba berubah arah untuk menepi saat hujan rintik-rintik menjadi deras, atau sepeda motor yang melakukan pengereman mendadak dan akhirnya tergelincir karena jalan yang licin.

3. Pastikan Menyalakan Lampu
Peraturan sekarang memang mewajibkan pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari. Nah, begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, dan juga lebih gelap dari biasanya. Penggunaan lampu merupakan langkah yang baik agar kamu bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain. 

4.  Berkendara dengan kecepatan rendah
Ketika hujan sebaiknya gunakan kecepatan rendah. Saat hujan daya cengkram roda tidak maksimal akibat efek aquaplaning serta kondisi kampas rem yang basah. Hal ini menyebabkan pengereman menjadi tidak efektif dan jarak pengereman lebih jauh bila di bandingkan dengan kondisi kering.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved