Tips dan Trik

Cara Olahraga yang Tepat Saat Puasa Ramadhan dan Pandemi Corona

Wabah Corona menyerang banyak negara termasuk Indonesia. Di negara Indonesia sendiri hampir sebagian besar terkena pandemi Corona ini, satu di antaran

Editor: Geafry Necolsen
net
Ilustrasi: olahraga dalam ruang ber-Ac 

Cara Olahraga yang Tepat Saat Puasa Ramadhan dan Pandemi Corona

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Bulan puasa Ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, mengingat kali ini puasa Ramadhan sedang berada dalam masa pandemi virus Corona atau covid-19.

Wabah Corona menyerang banyak negara termasuk Indonesia. Di negara Indonesia sendiri hampir sebagian besar terkena pandemi Corona ini, satu di antaranya di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Khusus di Kota Balikpapan sendiri, mengacu pada data Satgas Penanganan Corona Kota Balikpapan, data yang positif sudah mencapai puluhan orang, campur dari transmisi lokal dan terpapar dari luar Kota Balikpapan.

Demikian disampaikan oleh dr Rofi Rahmaning Widi praktisi medis dari Kota Balikpapan dalam diskusi Kesehatan di Bulan Ramadhan melalui sambungan WhatsApp Grup Pendidikan Kaltim yang diinisiasi oleh Tanoto Foundation, Sabtu (9/5/2020).

Dirinya menyatakan, penularan covid-19 difasilitasi oleh kontak dekat antara orang-orang, karena virus menyebar melalui droplet dan kontak dengan permukaan yang terkontaminasi. 

Ilustrasi - Tim medis kewalahan tangani kasus pasien Corona atau covid-19
Ilustrasi - Tim medis kewalahan tangani kasus pasien Corona atau covid-19 (Freepik.com)

Untuk itu, tegas dia, perlu penyesuaian terhadap kebiasaan-kebiasaan yang setiap tahun dilakukan saat bulan Ramadhan, pada kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini.

“Menerapkan physical distancing yang bertujuan untuk menghentikan penularan dengan mengurangi interaksi antar orang, menghindari kerumunan orang ( misalnya pasar Ramadhan ),” tulis dr Rofi Rahmaning Widi.

Dan tidak lupa dia mengimbau. “Menggunakan alat sholat pribadi saat sholat di tempat umum, meningkatkan higienitas dengan sering cuci tangan menggunakan sabun,” beber dr Rofi Rahmaning Widi.

Lalu bagaimana jika ada yang ingin berolahraga? Kan biasanya, mayoritas orang berolahraga di luar ruangan. Apalagi ada yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, apa tidak perlu berolaharga, hanya di rumah saja?

Menjawab hal itu, dokter umum dari Rumah Sakit atau RS Pertamina Balikpapan, dr Rofi Rahmaning Widi memberikan solusi dan jawaban berdasarkan keahliannya sebagai praktisi medis kedokteran di RS Pertamina Balikpapan.

Dirinya menjelaskan, hingga kini sudah tercatat lebih dari 3,8 juta orang terinfeksi covid-19 di seluruh dunia, dan lebih dari 13 ribu orang di Indonesia.

Untuk itu, kesehatan tubuh selama berpuasa Ramadhan sebulan penuh harus lebih dijaga agar ibadah lancar di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang.

Lalu bagaimana dengan kondisi puasa Ramadhan di tengah pandemi Corona, apa perlu untuk melakukan olahraga?

Dirinya memastikan, olahraga jangan dilupakan, luangkan waktu untuk berolahraga meski dalam kondisi puasa Ramadhan dan pandemi Corona. Tentu olahraga bisa dilakukan di rumah, tanpa harus keluar rumah.

“Jangan lupa untuk tetap beraktivitas fisik atau berolahraga. Aktivitas olahraga dapat membuat otot menjadi ‘panas’ yang terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh,” tulisnya.

Beginilah tips olahraga kala puasa Ramadhan dan pandemi Corona, sebagai berikut:

-          Selama pandemi Corona atau covid-19, disarankan olahraga di area rumah saja.

-          Jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, bisa senam.

-          Saat senam bisa mendapat instruksi atau panduan dari berbagai sumber di internet.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved