Tips dan Trik

Cara Klaim Jaminan Hari Tua Jamsostek Bagi Korban PHK, Siapkan Persyaratan Ini

bisa mencairkan dana Tunjangan Hari Tua atau JHT di BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulu disebut Jamsostek.

Tribun Kaltim
Suhartanto, salah satu guide lokal di Kabupaten Berau yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan karena nyaris tidak ada wisatawan yang berkunjung sejak corona mewabah. 

Cara Klaim Jaminan Hari Tua Jamsostek Bagi Korban PHK, Siapkan Persyaratan Ini

TRIBUNKALTIM.CO - Simak tata cara klaim Jaminan Hari Tua atau JHT dari BP Jamsostek bagi korban PHK, bisa online, siapkan persyaratan ini.

Pandemi Virus Corona atau covid-19 di Indonesia menimbulkan gelombang Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

Bagi Anda korban PHK, bisa mencairkan dana Tunjangan Hari Tua atau JHT di BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulu disebut Jamsostek.

Dampak ekonomi dan sosial akibat kebijakan pembatasan pemerintah terkait upaya pencegahan Virus Corona mulai muncul ke permukaan.

Salah satunya yakni munculnya gelombang pengangguran akibat adanya Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK) dari banyak perusahaan.

Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) hingga 20 April 2020, terdapat 2.084.593 pekerja.

Berasal dari 116.370 perusahaan dirumahkan dan kena PHK akibat terimbas pandemi Virus Corona.

Lantas, seandainya menjadi korban PHK, apakah seseorang yang selama bekerja terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek dapat mengajukan klaim pencairan Jaminan Hari Tua ( JHT)?

Saat dikonfirmasi hal itu, Deputi Direktur Humas dan Antar Lembaga BP Jamsostek, Irvansyah Utoh Banja menjelaskan pihaknya siap untuk membayarkan klaim JHT kepara para peserta, baik sepenuhnya atau sebagian.

"Bagi semua peserta berhak (mencairkan), yang telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/5/2020).

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved