Kuliner

Berbuka dengan Air Kelapa, Ternyata Banyak Manfaatnya

air kelapa mengandung elektrolit yang cukup banyak dibandingkan jus buah dan minuman olahraga pada umumnya.

istimewa
Air kelapa memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi keracunan makanan 

Berbuka dengan Air Kelapa, Ternyata Banyak Manfaatnya

TRIBUNKALTIM.CO - Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang paling bermanfaat untuk kehidupan. Bagaimana tidak, hampir seluruh bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan.

Mulai dari batangnya untuk dijadikan kayu, tempurung atau batok kelapa menjadi arang, daging buahnya untuk dimakan, hingga air kelapa untuk diminum.

Dilihat dari kandungan gizinya, setiap satu cangkir atau setara dengan 240 mililiter air kelapa mengandung 43,6 kalori, 10,4 gram gula, 43,6 natrium, vitamin B kompleks, vitamin C, dan sejumlah elektrolit penting bagi tubuh seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

 

Minum air putih memang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, tapi air putih saja kadang tidak cukup untuk mengembalikan elektrolit yang hilang.

Air kelapa mengandung jumlah elektrolit yang lebih banyak daripada air putih.

Selain itu, berbagai kandungan zat dalam air kelapa dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam saluran pencernaan makanan Anda akibat keracunan makanan.

Terlebih, rasa manis alami dari air kelapa dapat membantu meningkatkan energi tubuh Anda yang lemas sekaligus menghilangkan sensasi mual dan muntah akibat diare, dehidrasi, dan berbagai efek keracunan makanan lainnya.

Jadi, sudah tidak diragukan lagi jika manfaat air kelapa dapat membantu menetralisir keracunan makanan yang Anda alami.

Harus minum berapa banyak?

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa, kebanyakan ahli gizi menyarankan untuk minum sekitar segelas-dua gelas saja.

Sebaliknya, jangan juga berlebihan meminumnya.

Minum air kelapa terlalu banyak juga tidak baik. Minum banyak air kelapa yang kaya kalium dalam waktu singkat dapat menyebabkan penumpukan kalium dalam tubuh, sebuah kondisi yang dikenal sebagai hiperkalemia.

 

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved