Travel Alert

Zona Merah, Balikpapan Larang Keluar-Masuk, Kecuali Kendaraan TNI-Polri

moda transportasi darat, laut dan sungai tidak diizinkan masuk dan keluar dari Balikpapan. Namun demikian, surat edaran ini dikecualikan kepada kendar

istimewa
Penutupan Ruas Jalan Balikpapan 

Zona Merah, Balikpapan Larang Keluar-Masuk, Kecuali Kendaraan TNI-Polri

TRIBUNKALTIM.CO - Keputusan menyetop transportasi menuju dan keluar Kota Balikpapan pada pandemi covid-19 atau Virus Corona didasarkan karena Balikpapan masuk dalam zona merah.

Di Kaltim, Kota Balikpapan adalah satu-satunya yang oleh Menhub dilarang untuk dimasuki. Ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor UM.002/III/6/BPTD-KALTIMRA/2020.

Surat tersebut tentang Pengendalian Transportasi Bidang Darat Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah di Provinsi Kaltim dan Kaltara Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 ( covid 19 ).

Saat ditanya kebenaran soal surat tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kaltim, Hafidz Lahiya langsung membenarkan.

“Dasar surat edaran itu, Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI, Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transfortasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon selularnya, pada Minggu (26/4/2020).

“Surat edaran ini pula, terkait dengan larangan transportasi dari zona PSBB dan zona merah. Di Kaltim, Kota Balikpapan yang masuk dalam subjek surat edaran. Sebab, Balikpapan masuk zona merah,” ucapnya.

Sehingga, lanjut Hafidz, moda transportasi darat, laut dan sungai tidak diizinkan masuk dan keluar dari Balikpapan. Namun demikian, surat edaran ini dikecualikan kepada kendaraan milik TNI dan Polri.

“Jadi yang keluar dan masuk dari sana (Balikpapan) tidak diperbolehkan. Pelarangan ini untuk transportasi penumpang. Tapi, kalau transportasi barang dan logistik tidak masalah (diperbolehkan),” ujarnya.

Sedangkan untuk teknis pelaksanaan di lapangan, Hafidz menuturkan, sampai saat ini Dishub Kaltim sedang melakukan koordinasi dengan pihak Kemenhub untuk bagaimana mengaplikasikan instruksi surat edaran tersebut di lapangan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved