Virus Corona

Para Pemandu Wisata di Kepulauan Derawan, Kehilangan Pekerjaan dan Penghasilan karena Pandemi Corona

Nyaris tidak ada wisatawan yang datang ke Berau yang terkenal dengan objek wisata Pulau Derawan, Maratua dan sebagainya itu.

phinemo
Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur 

Para Pemandu Wisata di Kepulauan Derawan, Kehilangan Pekerjaan dan Penghasilan karena Pandemi Corona

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Kabupaten Berau yang berusaha memperkuat sektor pariwisata agar tidak bergantung pada sektor pertambangan, dihantam wabah virus corona, yang membuat sektor ini nyaris lumpuh total.

Nyaris tidak ada wisatawan yang datang ke Berau yang terkenal dengan objek wisata Pulau Derawan, Maratua dan sebagainya itu.

Bukan hanya karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), wisatawan juga enggan traveling di tengah wabah virus corona. 

Di sisi lain, lesunya aktivitas pariwisata ini membuat banyak orang yang selama ini bergantung pada sektor ini, kehilangan pekerjaan dan otomatis kehilangan penghasilan selama corona mewabah.

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Berau, berupaya memecah kebuntuan yang dialami anggotanya, yang kini kehilangan pekerjaan.

Suhartanto, Sekretaris HPI Berau mengungkapkan, banyak rekan-rekannya yang kini menganggur.

“Jadi yang mengalami dampak ini bukan hanya pedagang. Pedagang sekarang sudah bisa berdagang langsung atau online. Sementara kami betul-betul tidak ada pekerjaan, karena tidak ada wisatawan yang datang,” ungkap pria yang akrab disapa Tanto ini.

Sepi tanpa wisatawan

Beberapa rekannya sesama parmuwisata atau guide, kini ada yang banting setir menjadi pengemudi ojek online. “Teman kami yang tinggal di pulau (Maratua dan Derawan) malah hanya memancing ikan untuk makan sehari-hari,” ungkapnya.

Tanto sendiri beberapa kali menawarkan jasanya sebagai fotografer, namun larangan untuk membuat acara dengan mengundang keramaian, membuatnya sepi permintaan foto perkawinan atau yang sejenisnya.

Tanto berharap, pemerintah memberikan perhatian kepada para pramuwisata di Kabupaten Berau, yang selama ini juga turut membantu mempromosikan pariwisata.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Server
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved