Travel Alert

Walikota Balikpapan Larang Wilayahnya Jadi Tempat Transit Mudik Lebaran

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengirim surat kepada Gubernur Kaltim dan Menteri Perhubungan untuk meniadakan arus mudik melalui Balikpapan.

istimewa
Penutupan Ruas Jalan Balikpapan 

Walikota Balikpapan Larang Wilayahnya Jadi Tempat Transit Mudik Lebaran

TRIBUNKALTIM.CO - Menyikapi keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Pemkot Balikpapan larang mudik bagi warganya yang ingin pulang ke kampung halaman.

Terlebih saat ini Kota Balikpapan telah ditetapkan dan menyandang status Zona Merah oleh Kementerian Kesehatan sejak 23 Maret 2020.

Penetapan ini dilatarbelakangi adanya kasus transmisi lokal atau kasus tanpa riwayat perjalanan dan kontak erat dengan penderita lainnya.

Terhitung sudah ada 6 kasus transmisi lokal, dengan 23 kasus terkonfirmasi positif dan 1 di antaranya meninggal dunia.

Pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang pesawat
Pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang pesawat (istimewa)

"Jadi berdasar pengumuman Kemenhub yang terakhir, kita akan bersurat kepada pemerintah provinsi ataupun pusat, kita masuk daerah yang tidak arus mudik,” kata Rizal Effendi, Rabu (22/4/2020).

Kedatangan APD di Kota Balikpapan. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ) dalam pandemi Corona atau covid-19 bertambah 23 kasus, terbanyak dari Balikpapan pada 18 April 2020.
Kedatangan APD di Kota Balikpapan. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ) dalam pandemi Corona atau covid-19 bertambah 23 kasus, terbanyak dari Balikpapan pada 18 April 2020. (Tribun Kaltim)

Ia menjelaskan saat ini pemerintah kota masih menunggu petunjuk berkaitan dengan apakah akan menutup dua moda transportasi yakni bandara atau pelabuhan.

Namun dalam hal ini Rizal menegaskan yang sudah pasti ialah pemerintah kota akan tidak mengizinkan ada transit bagi para pemudik di Balikpapan.

"Karena kita merupakan zona merah juga, jadi kita berhak untuk mengajukan larangan mudik di Balikpapan, terutama untuk dijadikan tempat transit," tegasnya.

VIRUS CORONA - Petugas Kesehatan Pelabuhan dan petugas Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan melaksanakan simulasi penanganan penumpang yang diduga terpapar virus Corona di Gate Kedatangan Internasional Bandara SAMS Balikpapan, Rabu (19/2/2020).
VIRUS CORONA - Petugas Kesehatan Pelabuhan dan petugas Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan melaksanakan simulasi penanganan penumpang yang diduga terpapar virus Corona di Gate Kedatangan Internasional Bandara SAMS Balikpapan, Rabu (19/2/2020). (Tribun Kaltim)

Sementara itu, Rizal menuturkan bahwa saat ini wilayahnya lebih banyak dilalui orang. Apalagi banyak pekerja yang berasal di luar Balikpapan.

“Kelanjutan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar masih kita lihat. Yang pasti kita minta untuk Balikpapan tidak dijadikan tempat transit bagi para pemudik,” jelasnya.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved