Jangan Sembarangan, Ini Jam Buang Sampah di Kota Balikpapan

Aturan mengenai pembuangan sampah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Balikpapan nomor 13 tahun 2015

HelloSehat
Ilustrasi: anak membuang smapah pada tempatnya. 

Jangan Sembarangan, Ini Jam Buang Sampah di Kota Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO - Membuang sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kota Balikpapan tidak boleh sembaragan.

Mungkin sebagian masyarakat kota Balikpapan sudah mengetahui hal tersebut, namun tidak menutup kemungkinan juga masih banyak yang belum tahu.

Dalam peraturan tersebut disebutkan selama ini telah diterapkan waktu membuang sampah dari pukul 18.00 wita hingga pukul 06.00 Wita.

Namun jadwal mengenai jam membuang sampah tersebut akan direvisi oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Dilansir TribunKaltim.co dari laman Pemkot Balikpapan, jam buang sampah akan diperpendek menjadi pukul 18.00 hingga 24.00 Wita.

Ilustrasi Sampah
Ilustrasi Sampah (4ocean.com)

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam waktu membuang sampah menjadi alasan utamanya.

Menurut Dinas Lingkungan Hidup masih banyak ditemukan warga mulai dari ibu-ibu rumah tangga hingga pekerja sambil jalan kerja masih masih membuang sampah atau melempar sampah dari atas kendaraan di atas pukul 06.00 Wita.

Akibat dari aksi warga yang membuang sampah di luar jadwal tersebut membuat TPS yang sudah dibersihkan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup kembali menumpuk oleh sampah.

Tumpukan sampah plastik seperti botol plastik bekas, kemasan plastik bekas makanan dan beberapa sampah organik terlihat 'menghiasi' bibir pantai disepanjang kawasan Pantai Balikpapan Permai akibat pasang surut air laut, Jumat (10/8).
Tumpukan sampah plastik seperti botol plastik bekas, kemasan plastik bekas makanan dan beberapa sampah organik terlihat 'menghiasi' bibir pantai disepanjang kawasan Pantai Balikpapan Permai akibat pasang surut air laut, Jumat (10/8). (TRIBUN KALTIM/ADITYA RAHMAN HAFIDZ)

“Kita akan mengevaluasi jam membuang sampah. Waktunya akan diperpendek menjadi 7 Jam saja. Masyarakat harus disiplin membuang sampah sesuai ketentuan. Nanti kita mulai dari jam 6 sore sampai tengah malam jam 12.00,” ungkap Wali Kota Rizal Effendi.

Bagi Anda warga Balikpapan, diharapkan untuk mentaati peraturan tersebut, jika melanggar ada hukum pidana yang bisa menjerat Anda.

Dalam Perda Nomor 13 tahun 2015 di pasal 32 disebutkan pelanggar perda akan dikenakan sanksi denda paling banyak Rp 50 juta atau kurungan paling lama enam bulan.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved