Aplikasi

Tak Perlu Berobat ke Rumah Sakit, Konsultasi Kesehatan Pakai Aplikasi Ini

Doni Monardo menyebutkan, lewat aplikasi telemedicine itu, masyarakat yang sakit bisa mengonsultasikan penyakitnya kepada dokter hanya lewat aplikasi

Editor: Geafry Necolsen
AFP/Paolo Miranda
VIRUS CORONA - Seorang perawat merangkul rekannya di tengah pekerjaan mereka di Rumah Sakit Cremona, tenggara Milan, Lombardy, Italia, Minggu (15/3/2020). Selama diberlakukannya lockdown di Italia terkait meledaknya penyebaran virus Corona di negara tersebut, sosok para tenaga medis banjir dukungan atas dedikasi mereka yang menjadi pahlawan dalam menangani serbuan pasien corona. 

Tak Perlu Berobat ke Rumah Sakit, Konsultasi Kesehatan Pakai Aplikasi Ini

TRIBUNKALTIM.CO - Di tengah pandemik Virus Corona, masyarakat diminta tak perlu berobat ke rumah sakit, Pemerintah sarankan cukup pakai aplikasi online.

Saat ini petugas kesehatan tengah fokus melawan Virus Corona di Indonesia.

Meskipun tak semua rumah sakit menjadi rujukan menangani pasien covid-19, Pemerintah tetap mengantisipasi penyebaran Virus Corona di rumah sakit.

Justru Pemerintah mengimbau agar masyarakat memanfaatkan aplikasi berobat online yang kini sudah tersedia.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Doni Monardo menyebutkan, saat ini setidaknya sudah ada 15 juta anggota masyarakat yang terdaftar di aplikasi berobat online, seperti Halodoc, Dokter Sehat, Sehat Pedia, dan program sejenis.

 

"Ini sangat membantu berkurangnya jumlah pasien yang datang ke rumah sakit. Kami berharap program telemedicine ini bisa jadi program prioritas nasional sehingga tidak banyak masyarakat yang berdatangan ke Rumah Sakit," kata Doni Monardo seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Senin (6/4/2020).

Doni Monardo menyebutkan, lewat aplikasi telemedicine itu, masyarakat yang sakit bisa mengonsultasikan penyakitnya kepada dokter hanya lewat sambungan internet.

Dokter pun bisa memberikan resep obat yang sesuai.

Selain itu, Dokter juga bisa memberi saran lain seperti cara mengisolasi diri, memberi anjuran makanan sehat, hingga memberi tips agar kesehatan psikologis pasien tetap terjaga.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved