Tips dan Trik

Tips Merawat Aki Mobil Supaya Lebih Awet, Hemat Biaya

Efeknya adalah mobil anda akan terasa 'ngadat' atau bahkan kemungkinan yang terburuk adalah mendadak mogok.

Otomotif.net
Ilutrasi melepas aki mobil 

Tips Merawat Aki Mobil Supaya Lebih Awet, Hemat Biaya

TRIBUNKALTIM.CO - Aki adalah salah satu komponen mobil yang wajib dirawat dan diperhatikan karena aki mobil memiliki peranan yang penting, fungsi aki sendiri adalah untuk menyuplai daya listrik untuk komponen-komponen mobil lainnya.

Saat aki tidak berfungsi dengan baik, maka tenaga listrik yang seharusnya dapat tersalurkan ke komponen lain akan terhambat.

Efeknya adalah mobil anda akan terasa 'ngadat' atau bahkan kemungkinan yang terburuk adalah mendadak mogok.

Sebagian pemilik mobil mungkin mengetahui trik 'kuno' ini. Namun trik ini benar-benar memiliki manfaat positif bagi keawetan aki mobil anda.

Syahrudin, Battery Technical Advisor PT Astra Otopart juga membenarkan trik aki yang dibungkus aluminium foil agar lebih awet.

Ilustrasi: Tips merawat AC mobil
Ilustrasi: Tips merawat AC mobil (Hyundai)

Fungsi dari membungkus aki dengan alumunium foil adalah meredam panas yang tercipta karena letak aki yang berada di sekitar ruang mesin dengan kapasitas yang panas dan cukup tinggi.

Kondisi aki yang terlalu panas akan memberikan dampak yang buruk terhadap kinerja aki itu sendiri.

Aki yang terus terpapar panas dari mesin akan lebih cepat rusak. Terutama aki yang masih menggunakan asam sulfat atau aki basah.

Kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada aki anda, bila terlalu sering terpapar panas mesin maka aki akan cepat menguap dan berpengaruh pada kualitas elektroda dari aki Anda.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved