Belanja

Banyak Dijual Online, Kalung Penangkal Virus Ini Dilarang Dijual di Banyak Negara

Kepanikan ini pun banyak dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Sebuah produk Virus Shut Out yang dikalungkan di tubuh, dijual secara online di banyak

istimewa
Virus Shout Out 

Banyak Dijual Online, Kalung Penangkal Virus Ini Dilarang Dijual di Banyak Negara

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Sejak wabah virus corona menyebar ke wilayah Indonesia, banyak masyarakat yang panik. Aksi memborong hand sanitizer hingga perlengkapan medis terjadi hampir di setiap daerah.

Kepanikan ini pun banyak dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Sebuah produk Virus Shut Out yang dikalungkan di tubuh, dijual secara online di banyak negara, diklaim mampu mencegah virus mendekat.

Tidak hanya di luar negeri, produk ini pun sudah bisa ditemukan di sejumlah toko online di Indonesia. Lalu benar kah produk ini efektif melindungi penggunanya dari virus?

Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat menyatakan telah mencegah masuknya produk kesehatan ilegal masuk melalui pelabuhan di perairan Pasifik. 

Produk itu adalah Virus Shut Out yang disebut tak masuk daftar EPA dan karenanya, keselamatan dan efisiensi dari alat yang digantungkan di leher itu dalam melindungi pemakainya dari virus-virus penyakit, seperti yang diklaim dalam iklan penjualannya dan belum teruji.

EPA menambahkan, label yang digunakan--termasuk arahan penggunaannya--belum tersedia dalam bahasa internasional, bahasa Inggris, sesuai ketentuan perundang-undangan.

Penjualan produk itu yang lewat daring juga dinilai menggunakan klaim yang menyesatkan (misleading) tentang keselamatan dan efektivitasnya. 

EPA mengatakan bekerja sama dengan U.S. Customs and Border Protection (CBP) untuk menolak seluruh produk Virus Shut Out masuk.
Pengiriman dari Jepang dan Hong Kong diketahui hendak masuk lewat pelabuhan Amerika di Honolulu dan Guam. 
EPA dan CBP menyatakan akan terus memantau produk-produk serupa dengan klaim pestisida yang ilegal.

EPA juga mengungkap telah berkomunikasi dengan Amazon, plaform belanja daring, untuk menyingkirkan produk itu dari daftar item yang dijual.

Menurut EPA, Amazon telah memenuhi permintaan itu. "Ini penting agar orang-orang gunakan hanya disinfektan yang terdaftar di EPA dan mengikuti arahan di label untuk penggunaan yang wajar," kata EPA Pacific Southwest Regional Administrator John Busterud.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved