Parenting

Orangtua yang Galak Malah Dapat Memicu Kenakalan Remaja

Hasilnya, anak-anak yang mengalami pola pengasuhan yang keras oleh orang tua, lebih cenderung mendapat hasil buruk di sekolah.

istimewa
Ilustrasi: orangtua galak 

Orangtua yang Galak Malah Dapat Memicu Kenakalan Remaja

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Sebuah studi baru-baru ini menjelaskan bagaimana pola asuh orang tua mempengaruhi hasil pendidikan anak-anak.

Termasuk mempengaruhi hubungan anak dengan teman sebaya, perilaku seksual anak, dan kenakalan remaja.

Hasilnya, anak-anak yang mengalami pola pengasuhan yang keras oleh orang tua, lebih cenderung mendapat hasil buruk di sekolah.

Pengaruh orang tua galak terhadap hasil pendidikan anak

Para peneliti di Universitas Pittsburgh menemukan bahwa efek langsung dan tidak langsung dari orangtua berperan dalam membentuk perilaku anak-anak, serta mempengaruhi hubungan sosial anak mereka dengan teman sebaya.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Child Development.

Menurut pemimpin penelitian, Rochelle F. Hentges, penelitian ini menggunakan riwayat kehidupan anak-anak untuk melihat bagaimana pengasuhan orang tua mempengaruhi hasil pendidikan anak.

Penelitian yang bersifat jangka panjang dan masih terus berlangsung ini juga melibatkan 1.482 siswa selama sembilan tahun lebih.

Penelitian dimulai dari para partisipan masih di kelas tujuh atau satu SMP dan berakhir setelah mereka lulus SMA.

Pada akhir penelitian, ada 1.060 siswa yang tetap diteliti. Para remaja ini terdiri dari berbagai latar belakang ras, sosial ekonomi, dan geografis.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved