Parenting

Kenapa Anak Demam Setelah Imunisasi?

Namun, sebenarnya demam merupakan respon tubuh yang umum dialami anak setelah mendapat imunisasi. Hal ini sangat wajar terjadi pada semua anak

istimewa
Imunisasi 

Kenapa Anak Demam Setelah Imunisasi?

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Hal yang paling ditakutkan para ibu setelah anaknya menerima imunisasi adalah suhu tubuh anak menjadi meningkat alias demam.

Bahkan beberapa ibu tidak ingin membawa anaknya untuk imunisasi karena alasan ini. Bukan membuat anak sehat malah menyebabkan anak sakit, pikir para ibu.

Namun, sebenarnya demam merupakan respon tubuh yang umum dialami anak setelah mendapat imunisasi. Hal ini sangat wajar terjadi pada semua anak yang mendapat imunisasi.

Anda tidak perlu merasa khawatir karena bila demam dapat ditangani dengan baik, ia tidak akan menjadi masalah.

Mengapa anak demam setelah imunisasi?
Imunisasi merupakan suatu cara untuk melindungi tubuh dari penyakit berbahaya sebelum penyakit tersebut kontak dengan kita.

Imunisasi memanfaatkan mekanisme pertahanan alami dari tubuh, yaitu sistem imun atau sistem kekebalan tubuh, untuk membentuk pertahanan spesifik dalam melawan infeksi virus.

Ketika anak diimunisasi, tubuh anak dimasukkan vaksin yang sudah jinak. Kemudian, tubuh akan memproduksi sebuah respon imun dengan cara yang sama seperti ketika tubuh sedang terkena penyakit, tetapi tanpa tubuh menunjukkan gejala penyakit tersebut.

Dan ketika tubuh terpapar penyakit yang sama di masa datang, sistem imun tersebut dapat merespon dengan cepat untuk mencegah penyakit tersebut berkembang.

Saat membentuk respon imun setelah anak diimunisasi inilah tubuh memberikan respon, seperti demam, gatal, dan nyeri pada bekas suntikan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved