Tips dan Trik

Karantina Diri, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Ketika dalam isolasi dan karantina, masyarakat juga harus menyiapkan sejumlah keperluan. Hal ini tentu tidak boleh disepelekan

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
First aid kit 

Karantina Diri, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL  - Virus Corona membuat orang harus mengambil langkah isolasi atau karantina di rumah, sebagai upaya pencegahan penularan virus berbahaya tersebut. 

Ketika dalam isolasi dan karantina, masyarakat juga harus menyiapkan sejumlah keperluan. Hal ini tentu tidak boleh disepelekan dan harus mendapatkan perhatian khusus dari masing-masing individu. 

1. Menggunakan Masker Saat Sakit

Cara Menggunakan Masker
Cara Menggunakan Masker (pexel)

Tenaga ahli kesehatan selalu menekankan penggunaan masker hanya untuk seseorang yang menderita sakit dan  tenaga medis yang merawat pasien . Jadi ketika tidak menunjukkan gejala apapun khususnya terkait virus, masker tidak dianjurkan untuk dikenakan.

Hal ini harus diperhatikan oleh setiap orang untuk meningkatkan potensi pencegahan penyebaran virus terhadap orang lain. 

2. Bahan Makanan yang Dipersiapkan

Menyimpan Makanan
Menyimpan Makanan (Shutterstock)
 

Beberapa bahan makanan perlu disiapkan, seperti sayuran, kacang-kacangan, beras, buah, dan lain-lain. Jadi, persiapkan bahan makanan tersebut selama dua minggu ke depan sebagai bekal di rumah. 

Bila ingin menyediakan makanan baku atau kaleng juga bisa menjadi pilihan ketika diri ingin berdiam di rumah saat virus Corona mulai merebak. 

Meski tidak efektif, kopi, cokelat, dan teh juga bisa dipersiapkan karena mampu membuat diri tenang dan mencegah stres. Minuman tersebut memang berkhasiat untuk mengubah perasaan menjadi lebih baik. 

3. Persiapkan Barang Pelengkap Lainnya

First aid kit
First aid kit (istimewa)

Sejumlah bahan pelengkap lainnya juga bisa dipersiapkan, seperti sabun mandi dan cuci tangan, hand sanitizer, tisu, popok apabila punya anak kecil, penyaring air agar bisa minum tanpa perlu membeli air dalam kemasan. 

Selain itu, barang pelengkap kesehatan juga sangat penting disiapkan, seperti ibuprofen, aspirin yang mampu meredakan sakit kepala, nyeri, serta menurunkan demam. 

Suplemen dan vitamin juga harus dimiliki. Pasalnya, tubuh juga harus memerlukan nutrisi tambahan agar badan tidak drop dan mudah terserang berbagai penyakit. 

Jika memiliki hewan peliharaan, seseorang harus menyiapkan beragam perlengkapan perawatan hewan. Meski sudah dianjurkan membatasi diri untuk kontak langsung dengan hewan, namun setidaknya perawatan rutin terhadap hewan peliharaan juga tidak boleh diabaikan. 

4. Persiapkan Mental

Menghadapi stres
Menghadapi stres (HelloSehat)

Dalam masa karantina atau isolasi, kesehatan mental perlu menjadi hal yang dipertimbangkan. Pastikan di rumah menyediakan sesuatu yang mampu menghibur, seperti permainan papan, kartu, buku, dan sebagainya. 

Hal ini juga perlu diperhatikan dan jangan diabaikan agar fisik mental bisa siap dengan adanya virus Corona yang hingga sekarang ini masih merebak di sejumlah negara.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved