Travel Alert

Tunda Rencana Traveling, Infeksi Covid-19 Tanpa Gejala, Berikut Penjelasan Dokter

Apa lagi, virus corona terus bermutasi. Terbaru, mereka yang terjangkit virus ini tidak lagi menunjukan gejala seperti awal virus ini ditemukan.

Tunda Rencana Traveling, Infeksi Covid-19 Tanpa Gejala, Berikut Penjelasan Dokter
istimewa
Pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang pesawat 

Ini Penjelasan Dokter Soal Infeksi Covid-19 Tanpa Gejala

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Saat ini bukan saat yang tepat untuk bepergian ke mana-mana.  Wabah virus corona saat ini tengah gencar diperangi oleh pemerintah baik pusat maupun daerah.

Apa lagi, virus corona terus bermutasi. Terbaru, mereka yang terjangkit virus ini tidak lagi menunjukan gejala seperti awal virus ini ditemukan.

Menurut data terbaru yang disampaikan oleh Juru Bicara Penanggulangan Bencana Virus Corona Achmad Yurianto, virus tersebut telah menginfeksi 514 orang yang ada di Indonesia.

Sebanyak 48 orang meninggal dunia di Indonesia karena terpapar virus corona, Angka ini bahkan terus berkembang dan kasus kematian di indonesia termasuk beasar karena memiliki presentasi kematian sekitar 9% dari jumlah kasus yang ada.

KEWALAHAN TANGANI CORONA - Pasien dengan gejala ringan virus Corona covid-19 menjalani perawatan di sebuah pusat pameran yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, Hubei, China (17/2/2020). Data hingga Rabu (19/2/2020) ini, korban meninggal akibat virus Corona di China sudah mencapai 2.000 orang setelah dilaporkan 132 kasus kematian baru.
KEWALAHAN TANGANI CORONA - Pasien dengan gejala ringan virus Corona covid-19 menjalani perawatan di sebuah pusat pameran yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, Hubei, China (17/2/2020). Data hingga Rabu (19/2/2020) ini, korban meninggal akibat virus Corona di China sudah mencapai 2.000 orang setelah dilaporkan 132 kasus kematian baru. (AFP)

Menurut penjelasan dari Achmad Yurianto salah satu faktor yang menyebabkan besarnya angka penderita dan juga angka kematian di Indonesia adalah kasus pasien positif corona yang tidak menunjukan gejala.

Apa itu PDP yang tidak menunjukan gejala, bagaimana bisa terpapar virus tapi tidak menunjukan gejala, lalu bagaimana cara tahu orang tersebut positif corona?

Berikut penjelasan secara lengkap dan juga terperinci soal kasus pasien dalam pengawasan yang terlihat sehat atau tidak menunjukan gejala, berikut cara pengobatannya.

Menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia, kasus PDP tanpa gejala dapat terjadi karena adanya beberapa faktor pada tubuh dan juga metabolisme orang tersebut.

"Jadi ada pasien yang telah terinfeksi corona tapi dirinya tidak sadar karena tidak menunjukan gejala, hal ini terjadi karena empat faktor, yaitu daya tahan tubuh, jumlah virus yang masuk, umur dan juga penyakit lain pada tubuhnya," papar dokter Santi.

Virus Corona
Virus Corona (istimewa)
Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved