Travel Alert

Wabah Corona, Selain Social Distancing, Sebaiknya Hindari Juga Interaksi dengan Hewan Liar

Namun saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari, tidak jarang kita berinteraksi dengan hewan-hewan liar.

Wabah Corona, Selain Social Distancing, Sebaiknya Hindari Juga Interaksi dengan Hewan Liar
Facebook-Madiuntoday
Mengenalkan hewan reptil pada anak 

Wabah Corona, Selain Social Distancing, Sebaiknya Hindari Juga Interaksi dengan Hewan Liar

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Di tengah wabah virus corona, para ahli kesehatan menyarankan untuk menjaga jarak dengan orang lain atau social distancing.

Namun saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari, tidak jarang kita berinteraksi dengan hewan-hewan liar.

Namun ada hal penting yang harus diperhatikan, terutama saat Virus corona yang berawal dari Wuhan, China, diketahui menyebar antarmanusia dan satwa liar.

Saat ini banyak negara sudah melakukan upaya antisipatif agar warganya tidak tertular virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan seperti pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS.

 Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Virus Corona?

Virus corona merupakan single stranded RNA (ssRNA) virus yang umum ditemukan pada berbagai hewan yang berkeliaran di atas tanah seperti mamalia, burung dan reptil.

Beberapa jenis virus corona dikenal dapat menyebabkan infeksi akut pada saluran pernapasan bagian atas maupun bawah pada manusia.

Antara lain Severe Acute Respiratory Syndrome-related Coronavirus (SARS-CoV) yang mengalami kejadian luar biasa di Tiongkok pada tahun 2002, Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) yang mengalami kejadian luar biasa di Arab Saudi pada tahun 2012, dan yang terakhir adalah novel Coronavirus (2019-nCoV) yang laporan gejala awalnya terjadi di Wuhan, Tiongkok pada 31 Desember 2019 lalu.

 Imbas Virus Corona, Shanghay Disney Resort Ditutup

Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cahyo Rahmadi menjelaskan satwa liar secara alami dapat menyeberang lintas negara maupun dibawa dan dimanfaatkan oleh manusia untuk tujuan tertentu.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved