Virus Corona

Obat Malaria Bisa Sembuhkan Corona? Berikut Penjelasan Guru Besar Farmakologi Unpad

Namun demikian, Chloroquine Phospate saat ini besar kemungkinan stoknya hanya tinggal sedikit karena bahan bakunya impor.

Tribun Kaltim
Sampel Darah mengandung virus corona 

Obat Malaria Bisa Sembuhkan Corona? Berikut  Penjelasan Guru Besar Farmakologi Unpad 

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL -Sebuah jurnal medis yang dipublikasikan pemerintah China belum lama ini telah mengatakan bahwa Chloroquine Phospate direkomendasikan digunakan untuk menyembuhkan orang-orang yang terjangkit virus corona.

Namun demikian, Chloroquine Phospate saat ini besar kemungkinan stoknya hanya tinggal sedikit karena bahan bakunya impor.

Sementara Quinine Sulfate akan lebih mudah didapatkan karena Indonesia mempunyai perusahaan dalam negeri yang masih terus memproduksi obat pil kina yang memiliki kandungan Quinine Sulfate tersebut.

Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran ( Unpad ) Keri Lestari, mengklarifikasi terkait pemberitaan di media massa tentang zat Choloriquine Phospate atau kloroquin fosfat yang digadang-gadang bisa menyembuhkan pasien yang terinveksi virus corona.

Keri Lestari menjelaskan, Chloroquine Phopate tidak berasal dari ekstrak kulit batang pohon kina.

"Chloroquine Phospate itu senyawa sintetis ( kimiawi )," kata Keri saat ditemui di Pusat Unggulan Iptek Inovasi Pelayanan Kefarmasian Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu (18/3/2020).

Lebih lanjut Keri Lestari menjelaskan, zat yang dihasilkan oleh tumbuhan kina bernama Quinine Sulfate atau Kuinin Sulfat.

Dalam kasus penyembuhan dan pencegahan malaria, Chloroquine Phospate mempunyai dasar struktur yang sama dengan Quinine Sulfate.

Keduanya mempunyai aktifitas antimalaria dengan mekanisme yang sama. "Ternyata Chloroquine Phospate memiliki struktur dasar Quinoline yang sama dengan Quinine Sulfate. Ada kemiripan struktur," jelasnya.

Keri Lestari menjelaskan, dalam hal penyembuhan infeksi virus corona, dari kajian yang dilakukan oleh Unpad secara multidisiplin melakukan critical appraisal terhadap hasil uji klinik muntisenter di China dan USA menunjukkan efektifitas Chloroquine Phospat.

Dan berlandaskan adanya kesamaan struktur dasar serta kesamaan aktifitas sebagai anti malaria dengan mekanisme yang sama maka quinine sulfat yang ada dalam pil kina berpotensi untuk terapi Covid-19

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved