Travel Alert

Wabah Virus Corona Terus Meningkat, Indonesia Perlu Lockdown?

Sejauh ini, belum ada kota-kota di Indonesia yang melakukan lockdown atau penutupan; meskipun kegiatan dan lokasi yang mengumpulkan banyak orang

Editor: Geafry Necolsen
net
Ilustrasi Corona 

Wabah Virus Corona Terus Meningkat, Indonesia Perlu Lockdown?

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Merebaknya virus corona di Indonesia memunculkan wacana lockdown atau isolasi wilayah untuk mencegah penyebaran lebih luas.

Sejauh ini, belum ada kota-kota di Indonesia yang melakukan lockdown atau penutupan; meskipun kegiatan dan lokasi yang mengumpulkan banyak orang, seperti sekolah, tempat wisata dan car free day, dibatasi.

Presiden Joko Widodo juga telah memastikan pada hari Jumat (13/3/2020) bahwa Indonesia belum akan melakukan lockdown.

Lantas, apa kata para ahli?

Ilustrasi. Penumpang maskapai Wings Air menggunakan masker saat akan menaiki pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Ilustrasi. Penumpang maskapai Wings Air menggunakan masker saat akan menaiki pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat) (Antara)

Perlukah Indonesia segera melakukan lockdown?

Topik ini menjadi salah satu yang dibahas dalam webinar "Menghadapi Covid-19 di Indonesia" oleh Harvard Club of Indonesia, Sabtu (14/3/2020).

Dokter Panji Hadisoemarto, M.P.H, lulusan Harvard T.H.Chan School of Public Health dan Dosen Departemen Kesehatan Publik dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran berkata bahwa kita tidak harus melakukan lockdown, tetapi yang diperlukan adalah social distancing atau menjaga jarak sosial.

"Saya tidak bisa menjawab dengan pasti (kapan harus dilakukan social distancing), tapi satu jawaban tentatif yang selalu saya berikan adalah 'The sooner the better' (semakin cepat semakin baik)," ujarnya.

"Ini masa yang penuh ketidakpastian. Kita tidak punya data, sebuas apa virus ini di indonesia. Tapi kalau kita lihat apa yang sudah terjadi di negara-negara lain, China, Italia, Jerman dan negara-negara lain; kita bisa cukup percaya diri menyimpulkan (bahwa) Indonesia tidak akan terlalu berbeda," imbuhnya lagi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved