Oto Travel

Kapan Sebaiknya Oli Transmisi Mobil Matik Diganti?

Transmisi memiliki peran penting sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda. Seperti halnya oli mesin, oli pada transmisi harus diperhatikan.

Editor: Geafry Necolsen
Kompas
ganti oli tranmisi matic 

Kapan Sebaiknya Oli Transmisi Mobil Matik Diganti?

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Agar liburan terasa nyaman dengan mengemudikan mobil pribadi, kendaraan mesti dirawat secara rutin. 

Salah satunya tramisi mobil.

Ganti oli tranmisi
Ganti oli tranmisi (Kompas)

Transmisi memiliki peran penting sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda. Seperti halnya oli mesin, oli pada transmisi harus diperhatikan dan diganti secara rutin.

Pengecekan dan penggantian oli transmisi yang teratur dapat memperpanjang usia komponen dan membuat transmisi terhindar dari kerusakan.

Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, mengatakan oli pada transmisi otomatis dengan torque converter tak hanya berfungsi sebagai pelumas, tapi juga penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi transmisi matik.

“Anjuran bengkel oli transmisi diganti setiap 48 bulan atau 80.000 km, tapi diganti sebelum masanya juga enggak masalah,” ujar Deni beberapa waktu lalu.

Meski begitu, menurut Deni ada hal yang lebih penting dibanding sekadar mengganti oli transmisi. Yaitu menguras seluruh sisa oli transmisi yang berada di reservoir oli.

“Sebagai contoh di Fortuner, total kapasitas oli transmisi mencapai 12 liter. Tapi kalau penggantian biasa, hanya 5 liter oli yang keluar, sisa 7 liter akan tetap berada di dalam transmisi,” kata Deni.

Tercampurnya oli lama dengan oli baru membuat pelumasan dan transfer energi tidak bakal berjalan maksimal. Hal ini juga membuat komponen transmisi cepat rusak.

“Untuk mengganti oli transmisi sebaiknya dikuras total menggunakan alat, jadi seluruh oli transmisi matik diganti dengan oli yang baru,” ucap Deni.

“Sisa-sisa gram atau oli yang kotor terbuang seluruhnya, sebab kotoran ini yang membuat kinerja transmisi menurun jika didiamkan terus menerus,” ujar Deni.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved