Travel Tips

Catat ya, Mandi Dua Kali Sehari Belum Tentu Sehat

Ada yang bilang kalau mandi sehari sekali itu jorok. Namun, apa benar mandi dua kali sehari itu memang lebih sehat dan bikin tubuh lebih bersih?

Editor: Geafry Necolsen
net
Ilustrasi mandi 

Catat ya, Mandi Dua Kali Sehari Belum Tentu Sehat

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Banyak aktivitas yang dilakukan saat liburan. Mandi mungkin bisa menyegarkan badan.

Mandi dua kali sehari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Katanya, belum bersih jika tidak mandi dua kali.

Atau, ada yang bilang kalau mandi sehari sekali itu jorok. Namun, apa benar mandi dua kali sehari itu memang lebih sehat dan bikin tubuh lebih bersih?

Apakah mandi sehari dua sekali itu lebih sehat?

Memang, kebersihan tubuh sangat memengaruhi kesehatan seseorang. Mandi dapat membersihkan kulit serta menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga pori-pori menjadi bersih dan sel kulit bisa berfungsi dengan baik.

Mandi juga menghilangkan bakteri-bakteri jahat yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan masalah kulit lainnya. Tak hanya itu, berikut manfaat kesehatan lainnya jika Anda mandi rutin:

  • meningkatkan sistem imun
  • mengurangi nyeri dan pegal pada otot
  • mengurangi bengkak
  • melancarkan aliran darah
  • meningkatkan konsentrasi
  • mengurangi rasa lelah
  • melancarkan pernapasan

Namun, sering-sering mandi tidak menjamin tubuh Anda jadi lebih sehat. Pasalnya, keseringan mandi justru bisa membuat beberapa jenis bakteri baik hilang dari tubuh.

Jadi, sebenarnya mandi setiap hari, apalagi mandi dua kali dalam sehari seperti yang kebanyakan orang lakukan, tidak menjamin Anda lebih sehat.

Meski begitu, memang tidak ada patokan seberapa sering Anda harus mandi dalam sehari. Bisa saja orang yang mandi sehari sekali masih lebih sehat dan bersih ketimbang mandi dua kali sehari, dan begitu juga sebaliknya.

Yang jelas, mandi sehari sekali, dua kali, atau bahkan tidak mandi sama sekali itu tergantung pada masing-masing orang, karena kebutuhan akan kebersihan tiap orang berbeda-beda.

Setiap orang punya patokan sendiri-sendiri

manfaat berendam air panas

Kebanyakan orang percaya kalau idealnya mandi itu harus dua kali dalam sehari.

Padahal, tidak mandi sama sekali dalam satu hari tidak lantas membuat Anda jorok dan tubuh jadi sakit. Hal ini kembali lagi dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing orang, misalnya aktivitas hariannya atau cuaca di darahnya saat itu.

Kebutuhan mandi berdasarkan kelompok usia

1. Balita

Menurut pernyataan American Academy of Pediatrics, bayi tidak mesti mandi setiap hari. Bayi harus punya jadwal mandi yang rutin ketika ia sudah mulai merangkak dan mulai makan.

Sebelum masuk ke tahap itu, bayi tidak perlu mandi sehari sekali atau bahkan dua kali dalam satu hari.

2. Anak-anak

Selama anak-anak tidak aktif bergerak, misalnya berlarian ke sana kemari hingga berkeringat atau bermain di tempat yang kotor di luar rumah, anak usia 6-11 tahun tidak harus mandi sehari sekali atau dua kali. Mereka bahkan boleh mandi beberapa hari sekali.

Namun, saat mereka sudah mulai menginjak masa puber, kebutuhan mandi mereka mulai bervariasi dan sebaiknya pada masa ini anak-anak mulai, setidak-tidaknya, mandi sehari sekali.

3. Remaja

Remaja cenderung aktif secara fisik, otomatis produksi keringat juga semakin banyak. Khususnya remaja laki-laki yang suka berolahraga bersama teman-temannya di sekolah.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved