Travel Tips

Cara Membuat dan Menyimpan Makanan Bayi Selama Liburan

Namun, orangtua yang ingin tahu persis apa saja yang masuk ke mulut bayi biasanya memilih untuk membuat makanan bayi sendiri.

Cara Membuat dan Menyimpan Makanan Bayi Selama Liburan
pexel
Makanan Pendamping Asi 

Cara Membuat dan Menyimpan Makanan Bayi

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Anda perlu menyiapkan makanan pendamping asi, untuk bayi yang sedang Anda ajak traveling.

Ketika bayi mulai mengenal makanan padat, saatnya orangtua berpikir tentang makanan yang harus diberikan pada anak.

Ada berbagai macam pilihan sehat, termasuk makanan bayi organik.

Namun, orangtua yang ingin tahu persis apa saja yang masuk ke mulut bayi biasanya memilih untuk membuat makanan bayi sendiri.

Dan ternyata, membuat makanan bayi tidak serumit kelihatannya!

Keuntungan membuat makanan bayi sendiri

Beberapa orangtua memiliki berbagai alasan mengapa mereka lebih memilih untuk membuat makanan bayi sendiri, umumnya karena:

  • Orangtua tahu persis apa yang dimakan bayinya
  • Makanan bayi buatan sendiri lebih ekonomis daripada makanan yang dijual di toko (meskipun beberapa orangtua berpendapat bahwa hal ini belum tentu benar)
  • Orangtua dapat memilih sendiri buah-buahan, sayuran, dan makanan lainnya untuk dijadikan lebih pure, dan tidak mengandalkan rasa yang disediakan oleh produsen makanan bayi. Anda tidak akan menemukan makanan bayi berbahan dasar melon atau alpukat dijual di supermarket
  • Bayi akan terbiasa mengonsumsi makanan yang dimakan anggota keluarga lain, tapi dalam bentuk pure.

Kelemahan makanan bayi buatan sendiri

Berikut adalah beberapa faktor yang membuat orangtua menyerah untuk membuat makanan bayi sendiri:

  • Waktu. Orang tua membutuhkan waktu untuk membuat dan menyiapkan banyak porsi kecil makanan bayi. Tentu saja menggunakan makanan yang sudah dikemas dapat menghemat banyak waktu.
  • Kenyamanan. Takaran makanan bayi yang dikemas pastinya sudah diukur dengan tepat, sehingga siap disajikan langsung.
  • Penyimpanan. Makanan bayi buatan sendiri dapat rusak lebih cepat. Selain itu, makanan bayi harus didinginkan sehingga dapat memenuhi lemari es, terlebih ketika Anda sudah membuat banyak porsi sebelumnya. Makanan bayi yang dikemas tidak perlu disimpan dalam lemari es, kecuali setelah dibuka.

Memilih untuk tidak membuat makanan bayi sendiri bukan berarti Anda mengabaikan bayi. “Makanan kemasan yang ditujukan untuk bayi aman untuk dikonsumsi,” kata Jennifer Shu, MD, seorang dokter anak di Atlanta sekaligus co-penulis Heading Home with Your Newborn: From Birth to Reality and Food Fights: Winning the Nutritional Challenges of Parenthood Armed with Insight, Humor, and a Bottle of Ketchup.

“Jika ibu benar-benar khawatir tentang apa yang bayi makan, tapi tidak punya cukup waktu untuk membuat makanan bayi sendiri, fokuskan saja perhatian ibu pada makanan yang akan mereka konsumsi di meja makan nanti,” kata Shu. “Anak tidak akan makan pure selamanya, bukan?”

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan bayi

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Server
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved