Travel Tips

Ini 5 Rahasia Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Liburan

Memang sih, liburan menjadi waktu yang tepat untuk bersantai ria. Namun hati-hati, kelamaan bersantai tanpa mengendalikan pola makan.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Menjaga berat badan saat liburan 

Ini 5 Rahasia Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Liburan

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Kegiatan apa yang biasanya Anda lakukan selama berlibur? Kebanyakan orang mungkin hanya bolak-balik makan, tidur, menonton TV, dan terus berulang menjadi kebiasaan.

Memang sih, liburan menjadi waktu yang tepat untuk bersantai ria. Namun hati-hati, kelamaan bersantai tanpa mengendalikan pola makan bisa membuat berat badan naik drastis, lho.

Terlebih bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, Anda wajib menjaga pola makan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan.

Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan tetap stabil selama liburan? Solusinya bisa Anda temukan pada ulasan berikut ini.

Trik jitu menjaga berat badan tetap stabil saat liburan
1. Batasi makanan manis
Saat liburan, makanan manis menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Makanan manis ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup, contohnya kue, cokelat, permen, atau puding.

Hati-hati, berbagai makanan manis tersebut bisa membuat berat badan cepat naik, lho. Bahkan, makanan manis merupakan salah satu penyebab utama obesitas.

Selain dari kue, beberapa jenis makanan dan minuman lainnya ternyata diam-diam mengandung gula tambahan.

Contohnya minuman bersoda, jus buah kemasan, buah kaleng, saus, dan produk susu seperti es krim dan yogurt manis.

Untuk menjaga berat badan tetap stabil, batasi konsumsi makanan dan minuman manis selama liburan.

Jika Anda dihadapkan pada dua pilihan antara makanan gurih atau makanan manis, sebaiknya pilihlah makanan yang memiliki rasa gurih untuk mencegah kenaikan berat badan.

2. Banyak makan sayur dan buah

Buah-buahan dan sayuran termasuk makanan rendah kalori namun tinggi serat. Ini artinya, hanya dengan makan buah-buahan dan sayuran saja bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal selama liburan.

World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa makan buah dan sayuran secara rutin dapat mengurangi risiko obesitas.

Semakin banyak buah dan sayuran yang Anda makan, semakin rendah pula risiko Anda untuk terkena penyakit kronis lainnya, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan stroke.

3. Makan lebih awal

Saat liburan, Anda mungkin lebih sering bangun siang sehingga jadwal makan pun ikut mundur. Padahal, makan di awal waktu dapat membantu mencegah Anda dari kalap makan, lho.

Membiasakan diri untuk makan di awal waktu dapat membuat Anda lebih mudah mengendalikan asupan kalori dari makanan. 

Dilansir dari Verywell, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan di awal waktu dapat membantu mencegah berat badan naik drastis saat liburan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved