Tips Hari Ini

Tips Memilih Film Kartun yang Aman dan Mendidik untuk Anak

Tidak semua kartun bermanfaat dan cocok ditonton oleh anak kecil, meski memang menghibur. Yuk, cari tahu kartun anak seperti apa yang baik.

Editor: Geafry Necolsen
HelloSehat
Ilustrasi: anak nonton televisi 

Tips Memilih Film Kartun yang Aman dan Mendidik untuk Anak

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Rasanya tidak ada satu pun anak yang tidak suka menonton kartun. Namun, Anda sebagai orangtua harus tetap awas memerhatikan apa yang anak-anak tonton dalam kesehariannya.

Tidak semua kartun bermanfaat dan cocok ditonton oleh anak kecil, meski memang menghibur. Yuk, cari tahu kartun anak seperti apa yang baik, dan harus seberapa sering menonton TV agar tidak merusak kesehatannya.

Liburan dan Nonton Bareng Anak, Ini yang Harus Diperhatikan

Hobi Makan Sambil Nonton TV? Kenapa Emangnya?

Tips Nonton Konser Musik, Transportasi dan Akomodasi Paling Utama

Cerdas pilah-pilih tayangan kartun anak

anak menonton film berdasarkan umur

1. Pilih yang sesuai usianya

Anda umumnya sudah boleh mulai mengenalkan film kartun buat si kecil sejak usia 16 bulan sampai di atas satu tahun.

Pada rentang usia ini, anak kecil sudah menunjukkan ketertarikan mereka terhadap gerak, warna, suara, dan macam-macam gambar yang terlihat di depan matanya meski belum sepenuhnya jelas.

Namun, memilih film harus sesuai usianya, lho! Pastikan pilih film kartun anak dengan rating SU (Semua Umur) buat produksi lokal atau G (General Audience) jika ingin mempertontonkan film internasional.

Nah untuk acara kartun di televisi, rating khusus anak adalah:

  • SU (semua kalangan di atas usia 2 tahun)
  • P (anak usia prasekolah usia 2-6 tahun)
  • A (anak usia 7-12 tahun)

Rata-rata tayangan televisi yang memiliki rating ini termasuk ramah anak. Anda bisa lihat kategori siaran TV tersebut di sudut kanan atau kiri atas layar kaca Anda.

2. Pilih yang tema-nya bermain sambil belajar

Memilih kartun anak boleh yang menghibur, tapi jangan tinggalkan aspek belajarnya.

Setelah perhatikan ratingnya, perhatikan juga kontennya:

  • Untuk usia 1-2 tahun, pilih kartun dengan gambar yang simpel, seperti bola yang bergerak, atau huruf alphabet bergerak sembari diiringi musik. Musik dan tarian akan mengundang anak untuk antusias ikut menggerakkan tubuhnya, yang juga bisa sekaligus jadi cara mengasah keterampilan motorik kasar anak.
  • Buat anak di atas 2-4 tahun, pilih kartun yang bisa mengajak mereka menghafal alfabet, menyebutkan angka, mengajarkan kosa kata baru, atau menebak-nebak gambar hewan atau warna.
  • Jika si kecil sudah berusia 4-5 tahun, Anda bisa memberikan tayangan kartun yang lebih interaktif. Kartun interaktif membuka kesempatan buat anak bermain tanya jawab meski lewat layar layar kaca.
  • Ketika usia anak sudah sekitar 6-12 tahun, Anda bisa memberikan anak tayangan kartun dengan cerita pahlawan super, persahabatan, keluarga, atau kehidupan sehari-hari yang banyak ditayangkan di stasiun TV pada jam-jam tertentu.

Secara umum, Anda juga sudah boleh mengenalkan tayangan kartun yang bermuatan moral untuk mengajarkan anak cara bersosialisasi dengan sesama teman sepantaran dan bersikap kepada orang yang lebih tua. Maka sambil bermain dan menonton TV, anak juga akan mendapatkan pelajaran berharga untuk ke depannya

3. Pilih waktu nonton yang tepat

Kartun anak biasa ditayangkan pada waktu-waktu tertentu untuk menyesuaikan dengan aktivitas hariannya. Buat anak usia 1-5 tahun, berilah waktu sebentar untuk menonton TV sehabis tidur siang atau sepulangnya mereka dari taman bermain (playgroup).

Untuk anak-anak yang sudah berusia sekolah, sebaiknya berikan jadwal waktu nonton kartun pada sore hari setelah pulang sekolah/les, atau di pagi hari selama akhir pekan.

Hindari tayangan kartun anak ini

durasi nonton tv anak

Hindari kartun anak yang yang punya alur cerita terlalu panjang dan sulit untuk dipahami. Tentu karena ini tidak akan sesuai dan mendukung tumbuh kembang anak sesuai usianya.

Namun yang harus juga dipertimbangkan adalah konten tayangannya dan skenario dialognya.

1. Berisi kekerasan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved