Travel Tips

Ini 6 Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

Menurut peneliti dari University of Florida Medical Entomology Laboratory, produk anti nyamuk berbasis minyak kedelai

Ini 6 Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk
iStockphoto
Ilustrasi: Minyak kedelai 

Ini 6 Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL -  Nyamuk memang menyebalkan. Apalagi kalau Anda adalah orang yang gampang sekali digigit nyamuk. Wah, sampai kesal mungkin Anda melihat kulit bentol-bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk.

Nah, untuk menghindari digigit nyamuk, biasanya Anda bisa melindungi diri Anda dengan memakai produk-produk anti nyamuk.

Produk-produk anti nyamuk buatan mengandung bahan kimia DEET. Meskipun memang lembaga kesehatan dunia merekomendasikan penggunaan DEET, terkadang DEET dapat menyebabkan masalah kesehatan dan lingkungan.

Tapi, jangan sedih dulu, Anda juga bisa tetap bebas dari nyamuk tanpa harus menggunakan bahan anti-nyamuk buatan. Berikut adalah daftar bahan-bahan alami yang juga bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

1. Minyak lemon eucalyptus
Sudah digunakan sejak tahun 1940-an, minyak lemon eucalyptus adalah salah satu jenis bahan alami yang populer digunakan sebagai bahan anti nyamuk natural.

Lembaga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sudah mengakui dan mengesahkan bahwa minyak lemon eucalyptus dapat digunakan sebagai bahan anti nyamuk secara efektif.

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa larutan 32% minyak lemon eucalyptus dapat memberikan perlindungan sebesar 95% melawan gigitan nyamuk selama 3 jam.

Menariknya, minyak ini bisa dicampurkan dengan minyak lain untuk kegunaan yang sama. Anda juga dapat bisa membuat larutan anti nyamuk untuk Anda sendiri dengan mencampurkan kedua larutan berikut:

  • 1/10 dari larutan terdiri dari minyak lemon eucalyptus
  • 9/10 dari larutan terdiri dari minyak bunga matahari

Anda juga bisa membeli minyak ini di supermarket. Akan tetapi, pastikan bahwa minyak lemon eucalyptus yang Anda beli adalah minyak untuk obat anti nyamuk, bukan minyak lemon eucalyptus yang murni, karena kedua minyak itu berbeda.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Server
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved