Travel Parents

Pentingnya Menggunakan Kursi Mobil Khusus Anak

Salah satu tugas orangtua yang paling penting adalah menjaga keselamatan anak Anda ketika mengendarai kendaraan.

Shutterstock
Ilustrasi tempat duduk bayi 

Pentingnya Menggunakan Kursi Mobil Khusus Anak

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Kursi mobil untuk anak, yang dipasang dengan benar, akan membantu mencegah anak terlempar di dalam mobil atau terjatuh ke luar kendaraan jika terjadi kecelakaan.

Salah satu tugas orangtua yang paling penting adalah menjaga keselamatan anak Anda ketika mengendarai kendaraan.

Setiap tahun, banyak sekali anak-anak yang tewas atau terluka dalam kecelakaan mobil, namun dengan menggunakan kursi mobil untuk anak dapat membantu menjaga anak tetap aman.

Mengapa harus menggunakan kursi mobil untuk anak?
Anatomi anak-anak dan orang dewasa sangat berbeda. Anak-anak memiliki kepala yang lebih besar dan berat dalam proporsi tubuh mereka.

Contohnya, bayi memiliki berat kepala sekitar 25% dari berat tubuh keseluruhan, sedangkan orang dewasa hanya memiliki berat kepala sebesar 6% dari seluruh berat tubuh.

Kerangka seorang anak kecil lembut dan masih berkembang. Tulang-tulang di leher dan di tulang belakang dihubungkan oleh tulang rawan, bukan tulang padat.

Proses pengerasan tulang-tulang ini tidak dimulai hingga anak berusia 2 tahun dan itu memerlukan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya.

Dalam tabrakan mobil, seluruh benda yang berada di dalam mobil akan terlempar ke depan, termasuk kepala seluruh orang yang berada di dalamnya.

Tubuh memang tertahan oleh sabuk, namun kepala mereka tidak terkendali. Terutama bagi balita, kepala mereka yang berat akan terlempar ke depan dengan kekuatan yang luar biasa.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved