Travel Tips

Cara Merawat Koper Hard Case, Jangan Lap dengan Sabun

Padahal, perawatan koper berbeda-beda, baik hard case atau soft case. Lantas bagaimana merawat koper hard case?

Cara Merawat Koper Hard Case, Jangan Lap dengan Sabun
Shutterstock
Ilustrasi 

Cara Merawat Koper Hard Case, Jangan Lap dengan Sabun

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Sebagian orang menganggap setiap koper memiliki bentuk dan bahan sama. Karena itu, mereka mungkin akan mengira perawatan dari setiap koper pun sama.

Padahal, perawatan koper berbeda-beda, baik hard case atau soft case. Lantas bagaimana merawat koper hard case?

"Lap saja pakai lap basah. Tidak disarankan menggunakan sabun,” kata Brand Manager Kipling Indonesia Sara Batubara saat ditemui di Kota Kasablanka.

Koper untuk Bisnis dan Jalan-jalan, Apa Bedanya?

5 Tips untuk Perempuan Agar Muat Banyak Barang dalam Koper

Agar Koper Tak Hilang di Bandara, Kenali 7 Alasan Penyebabnya

Selanjutnya untuk roda, sebaiknya disolatip agar tidak kotor. Menurut Sara, biasanya beberapa toko yang memang khusus menjual koper akan menawarkan jasa pemasangan solatip pada roda.

Jika tidak, kamu bisa bertanya kepada penjualnya untuk dipasangi solatip khusus roda koper. Hal terpenting dalam merawat koper hard case, terlebih lagi koper yang memiliki beban bersih ringan, adalah dengan tidak membantingnya.

Menurut Sara, terkadang beberapa pelancong yang memiliki koper ringan merasa terlalu senang saat menggunakannya, sehingga lupa kalau koper tersebut juga memiliki titik ringkih sendiri, serupa dengan koper berat.

Wraping Bagasi di Bandara, Perlu Enggak Sih?

Jangan Buang Label Bagasi, Ini Alasannya

Jangan Repot Bawa Bagasi, Bisa Bikin Stres Saat di Bandara

Mereka juga cenderung tidak berhati-hati dalam menggunakannya, sehingga koper mudah rusak dan akan terlihat seperti tidak terawat.

"Jangan dibanting-banting. Penggunaannya biasa saja," tutur Sara. Terkait peluncuran koper hard case terbaru Kipling, Sara mengatakan, koper tersebut memang ditujukan kepada para pelancong sehingga mereka memiliki beban yang cukup ringan.

Catat, Ketentuan Bagasi 6 Maskapai Penerbangan

Cara Membeli Oleh-oleh Agar Bagasi Tidak Berlebih

Bepergian Naik Pesawat Hanya Membawa Bagasi Kabin? Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini

Untuk beban bersih ukuran koper terbesar yang dimiliki adalah 2,8 kilogram. Sementara beban bersih koper ukuran kecil adalah 2 kilogram.

Untuk kapasitas sendiri, ukuran koper hard case Kipling versi besar tidak memiliki batas maksimal. "Paling sekitar kurang lebih 20 kilogram ya. Berat itu normalnya berat yang kami sarankan. Kalau lebih dari 20 kilogram tidak kami sarankan, sekalipun untuk kapasitas koper besar kami," kata Sara.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved