Travel Tips

Pasang Kasur di Mobil Saat Liburan Justru Membahayakan Anak, Ini Penjelasannya

Kasur yang diciptakan untuk kabin mobil itu bisa digunakan saat kendaraan tidak berjalan. Mislanya saat berhenti di pantai, atau tempat istirahat.

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Geafry Necolsen
net
Memuat Kasur dalam Mobil 

Pasang Kasur di Mobil Saat Liburan Justru Membahayakan Anak, Ini Penjelasannya

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Saat liburan ke luar kota, berbagai cara dilakukan oleh para traveler untuk memodifikasi kendaraan mereka.

Tujuannya agar bisa memuat lebih banyak barang, atau sebaliknya untuk membuat kabin mobil terasa lega dan nyaman.

Salah satunya dengan memodifikasi kabin mobil dengan memasukkan kasur, agar dapat beristirahat dengan nyenyak, terutama bagi anak-anak mereka.

Berapa Jam Durasi Mengemudi yang Aman Saat Liburan?

Mobil Ditinggal Liburan, Perlu Cabut Aki atau Tidak?

Nyaman Saat Hujan, Perhatikan Wiper Mobil Cukup Pakai Shampo

Tapi ternyata, melakukan modifikasi kabin mobil dengan memasukkan kasur ke dalamnya merupakan hal yang salah dan tidak boleh dilakukan.

Karena modifikasi semacam ini akan mempengaruhi tingkat keselamatan dan keamanan para penumpangnya.

Melakukan modifikasi kabin mobil untuk aktifitas berlibur sejatinya tidaklah salah, meski begitu ada beberapa hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan selain memodifikasinya.

Saat melakukan perjalanan jarak jauh, perlu dilakukan beberapa pengecekan penting pada beberapa komponen mobil Anda, terutama komponen vital yang dapat melindungi Anda dan penumpang dari kecelakaan selama melakukan perjalanan.

Matikan AC Saat Traveling Karena Kehabisan BBM, Efektif Tidak?

Mau ke Bromo? Ingat, Tidak Boleh Bawa Kendaraan Sampai 24 Februari 2020

Director Training Safety Defensive Consultant, Soni Susmana mengatakan, terdapat beberapa komponen yang perlu dicek dan diperhatikan agar perjalanan liburan menjadi lebih aman dan nyaman.

“Sebaiknya persiapkan kendaraan Anda secara menyeluruh di beberapa komponennya, seperti ban, kondisi mesin, dan peralatan pendukung lainnya. Peralatan pendukung ini tentunya cukup penting, terutama saat terjadi masalah saat melakukan perjalanan panjang,” ucap Soni Susmana, dikutip Tribunkaltim Travel dari Otodriver.com.

Sony pun menjelaskan bahwa pemilik kendaraan sebaiknya tidak perlu melakukan modifikasi yang berlebihan dengan alasan kenyamanan.

Justu menurutnya, kondisi bawaan mobil merupakan kondisi paling aman, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

“Sangat tidak disarankan untuk melakukan modifikasi kabin mobil secara berlebihan dengan alasan memberi rasa nyaman bagi anak-anak, seperti membuat tempat untuk berselonjor atau memasukkan kasur ke dalam kabin mobil,” terang Sony.

Menurutnya, memasukkan kasur ke dalam kabin mobil justru akan berisiko tinggi bagi penumpang saat terjadi kecelakaan.

Sabuk pengaman atau safety belt dirancang untuk mengamankan penumpang dan pengemudi dari benturan. Sabuk pengaman hanya efektif saat pengemudi dan penumpangnya berada di tempat duduk.

Kasur yang diciptakan khusus untuk kabin mobil itu bisa digunakan saat kendaraan tidak berjalan. Mislanya saat berhenti di pantai, atau tempat istirahat.

Karena itu, dirinya menegaskan kembali agar para pemilik kendaraan tidak melakukan perubahan apapun pada bagian kabin mobil agar keamanan dan keselamatan tetap terjaga dengan baik.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved