Travel Tips

Sedang Traveling, Bagaimana Jika Anak Demam?

Suhu tubuh anak terasa hangat dan pipinya kemerahan. Bila suhu tubuh bayi kurang dari 38 derajat Celcius, jangan buru-buru menganggapnya demam.

Editor: Geafry Necolsen
net
Anak Demam 

Sedang Traveling, Bagaimana Jika Anak Demam?

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Saat ini para traveler dibayangi dengan penyebaran virus. Penyakit bisa menhinggapi siapa saja, terutama anak-anak. Demam adalah salah satu yang paling sering dialami oleh anak-anak.

Demam kerap terjadi pada bayi dan anak-anak. Namun sebelum memeriksakannya langsung ke dokter, ada baiknya Anda mengecek beberapa hal terlebih dahulu. Jangan panik dan tetap tenang.

Umur Berapa Anak Bisa Diajak Traveling?

Bayi Menangis Berjam-jam? Ini Penyebabnya

Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, Sp.A (K), mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan orangtua saat mendapati anaknya demam adalah memastikan penyebabnya.

Hal ini karena bisa jadi, penyebab dari demam adalah dehidrasi dan kepanasan setelah bermain di luar ruangan. “Kalau anak dehidrasi, enggak akan turun panasnya (meski diberi obat atau dikompres). Tapi kalau setelah minum enggak panas, ya sudah (anak tidak apa-apa),” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ini Kata Dokter Namun bila anak demam meski sudah cukup minum, besar kemungkinan penyebabnya adalah infeksi.

Tips Lengkap Membawa Bayi Naik Pesawat

7 Tips Berwisata ke Pantai Bersama Anak, Jangan Lengah!

Sebelum memeriksakan ke dokter, ada baiknya Anda mengecek beberapa hal berikut terkait demam:

1. Disebut demam jika suhunya di atas 38 derajat Celcius

Suhu tubuh anak terasa hangat dan pipinya kemerahan. Bila suhu tubuh bayi kurang dari 38 derajat Celcius, jangan buru-buru menganggapnya demam.

2. Demam bakteri VS demam virus

Demam karena virus terjadi apabila tubuh melawan penyakit akibat serangan virus. Mulai dari flu, batuk pilek, atau gangguan pencernaan.

Demam karena virus biasanya menghilang dalam waktu tiga hari. Sementara itu, demam karena bakteri terjadi karena tubuh melawan infeksi bakteri misal infeksi telinga, infeksi saluran kemih, atau bakteri radang paru (pneumonia).

Umur Berapa Anak Bisa Diajak Traveling?

Umur Berapa Anak Bisa Diajak Traveling?

Infeksi bakteri lebih jarang terjadi, namun bisa berakibat serius bila tidak ditangani.

3. Demam pada bayi berusia 0-3 bulan

Bila bayi Anda berusia kurang dari tiga bulan, ada baiknya segera cek suhunya. Demam di atas suhu 38 derajat Celcius bagi bayi 0-3 bulan sangat berbahaya.

Ada dua alasan mengapa kondisi ini tak boleh dibiarkan. Pertama, lapisan pelindung sel antara aliran darah dan sistem saraf bayi sangat tipis.

Ini berarti infeksi bakteri bisa memberikan efek berbahaya. Kedua, bayi berusia kurang dari tiga bulan belum bisa menunjukkan gejala infeksi parah seperti bayi yang berusia lebih tua.

4. Pengukuran dari rektum paling akurat

Untuk mendapatkan bacaan suhu tubuh yang paling akurat, ukurlah lewat rektum. Pengukuran lewat ketiak atau telinga tak seakurat pengukuran via rektum.

Apa yang Harus Dilakukan?

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved