Travel Alert

Tunda Dulu Traveling, Virus Corona Telah Menginfeksi 10 Negara

China menjadi negara yang dituding sebagai sumber keberadaan virus corona. Dikutip dari NBC News, telah terdapat temuan 41 pasien dengan virus corona.

Editor: Geafry Necolsen
AFP
Petugas kesehatan tengah menangani virus coronan yang kini menyebar ke sejumlah negara. 

Tunda Dulu Traveling, Virus Corona Telah Menginfeksi 10 Negara

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Mungkin anda berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu dekat.

Namun belakangan ini diberitakan, virus corona tengah mewabah di sejumlah negara. Pemerintah juga melakukan upaya pencegahan masuknya virus mematikan ini.

Virus corona dengan karakteristik mirip dengan SARS tengah menjadi perhatian masyarakat internasional. Pasalnya, virus tersebut telah menyebar ke berbagai negara.

Imbas Virus Corona, Shanghay Disney Resort Ditutup

Wabah Virus Corona Wuhan, Bagaimana Nasib Maskapai Penerbangan?

Setidaknya, sampai dengan hari ini, terdapat 10 negara yang mengonfirmasi adanya kasus tersebut. Berikut ini 10 negara yang sudah mengonfirmasi adanya temuan kasus virus corona:

1. China

China menjadi negara yang dituding sebagai sumber keberadaan virus corona. Dikutip dari NBC News, telah terdapat temuan 41 pasien dengan virus corona yang mengalami kematian.

Jumlah tersebut naik, dari data sebelumnya di mana dilaporkan setidaknya terdapat 26 orang meninggal dari 830 kasus yang dikonfirmasi ada di negara itu.

Virus corona pertama kali diidentifikasi pada 31 Desember di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Jumlah populasi masyarakat yang mencapai 11 juta dan lokasinya yang terhubung dengan berbagai wilayah lain diperkirakan membuat virus corona menyebar sampai ke kota lain, bahkan luar negeri.

Dikutip dari CNBC, guna menangani kasus ini, China mengalokasikan 1 miliar yuan atau setara 145 juta dollar AS untuk menangani wabah tersebut.

Kota Wuhan membangun rumah sakit dengan 1.000 tempat tidur untuk merawat mereka yang terinfeksi dan berencana mengoperasikannya awal minggu.

2. Jepang

Selain China, negara lain yang mengonfirmasi penyebaran virus corona adalah Jepang. Mengutip dari Rappler, pada 16 Januari, Kementerian Kesehatan Jepang mengonfirmasi kasus pertamanya.

Yakni seorang pria yang baru saja mengunjungi Wuhan. Ia dirawat setelah 4 hari kembali ke Jepang, tepatnya pada 10 Januari.

Aturan Masuk Onsen di Jepang, Kamu Wajib Buka Busana

Awas Jasa Titip Ilegal, Barang Pesananmu Berpotensi Disita Bea Cukai

Otoritas Kesehatan Jepang kemudian mengonfirmasi kasus kedua pada hari Jumat. Kantor berita Kyodo melaporkan, pasien adalah seorang pria berusia 40-an yang berasal dari Wuhan dan dalam perjalanan ke Jepang.

3. Singapura

Singapura juga melaporkan adanya temuan kasus virus corona. Pada Kamis (23/1/2020), Singapura mengonfirmasi adanya seorang pria berusia 66 tahun dari Wuhan yang tiba di Singapura bersama keluarganya pada Senin.

Pria itu mengalami sakit tenggorokan, meski tidak demam selama penerbangan menuju Singapura. Temuan tersebut membuat aparat Singapura mensterilkan dan menutup kamar di Hotel Shangri-La Rasa Sentosa yang sempat dihuni pria tersebut. 

Supaya Tidak Tertipu, Lakukan Hal-hal Berikut Saat Open Trip

Cara Mengurus Paspor Buat Anak

Wakil Direktur Eksekutif Grup Shangri-La untuk Asia Tenggara dan Australasia Josef Dolp mengatakan, mereka saat ini tengah menggiatkan proses pembersihan terkait penyebaran virus corona. 

4. Korea Selatan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved