Travel Tips

Tiga Dokumen Penting yang Wajib Kamu Bawa Saat Chek In di Hotel

Database itu juga berfungsi untuk informasi ke Imigrasi, terutama untuk tamu turis asing.

Editor: Geafry Necolsen
Shutterstock
Ilustrasi: Chek in hotel 

Tiga Dokumen Penting yang Wajib Kamu Bawa Saat Chek In di Hotel

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Saat hendak menginap di hotel, tamu perlu membawa identitas diri untuk keperluan check-in.

Identitas diri tersebut akan didata dan disimpan oleh pihak hotel sebagai database tamu menginap. Database itu juga berfungsi untuk informasi ke Imigrasi, terutama untuk tamu turis asing.

Berikut dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan saat ingin mengunap di hotel.

Ini Daftar Barang yang Tidak Boleh dan Boleh Kamu Pulang dari Hotel

Mendeteksi Kamera Tersebunyi dari Rumah Atau Penginapan Selama Liburan

 

1. Kartu Tanda Penduduk

KTP sangat wajib dibawa ketika hendak check-in. Hotel hanya menerima kartu tanda penduduk (KTP) asli dan yang masih berlaku.

Penyerahan data diri KTP berlaku untuk semua tipe pemesanan, offline atau online. Jika online, maka saat datang, tamu harus memberikan KTP kelengkapan data reservasi.

Adapun data-data di dalam KTP--nama, pekerjaan, alamat tempat tinggal dan lainlain--akan disimpan ke dalam database tamu menginap.

Hotel berhak menyimpan data tamu yang menginap. Data-data di dalam KTP itu juga untuk informasi sewaktu-waktu diminta oleh penegak hukum seperti razia atau kepentingan hukum lain, dengan catatan ada surat perintah resmi.

"Zaman sekarang polisi berhak meminta data tamu apalagi kalau sudah memiliki surat perintah resmi. Apalagi kalau berhubungan dengan buron," jelas Astrin Christina Corporate Asst. Manager Operations System Santika Group.

2. Kartu identitas lainnya

Jika tamu hanya memiliki foto atau fotokopi KTP, maka harus dilengkapi dengan kartu identitas kedua. Kartu identitas harus mencantumkan foto, alamat lengkap, tanggal lahir.

Kartu identitas kedua bisa berupa Surat Izin Mengemudi, Kartu Pelajar, Surat Pekerja. "Yang penting terdapat foto yang jelas dan alamat," ujar Asrtin.

Kasih Uang Tip Kepada Bellboy Hotel, Wajib atau Sukarela?

Uang Deposit Hotel untuk Apa? Ini Penjelasannya

Ia melanjutkan, semua tamu yang menginap dalam satu kamar wajib menunjukkan kartu identitas atau KTP. Sebagai contoh, dalam satu kamar akan menginap dua orang, maka kedua tamu tersebut harus meyerahkan KTP atau kartu identitasnya.

3. Paspor

Untuk turis asing, maka harus menyerahkan paspor yang asli dan masih berlaku. Hotel akan menyimpan data dari tamu warga negara asing antara lain, nama, asal, negara dan nomor paspor.

"Kalau turis tanpa paspor tidak akan diterima. Apalagi kalau sudah kadaluwarsa, takutnya dia melarinkan diri," jelas Astrin.

Setiap pagi, pihak hotel selalu mengirim data ke pihak kepolisian dan imigrasi mengenai data orang asing yang menginap di hotel.

Data tersebut akan dimasukan melalui Aplikasi Pendaftar Orang Asing, sehingga pihak imigrasi dapat memantau warga negara asing yang berada di Indonesia.

Setelah menyerahkan identitas Biasanya, tamu harus menandatangani kartu registrasi setelah menyerahkan identitas diri.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved