Travel Tips

Kasih Uang Tip Kepada Bellboy Hotel, Wajib atau Sukarela?

Namun, perlu dicatat, tidak semua hotel memiliki dan menyedikan jasa bellboy.

Whyframesstudio
Ilustrasi: Kamar Hotel 

Kasih Uang Tip Kepada Bellboy Hotel, Wajib atau Sukarela?

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Salah satu pertanyaan yang kerap kali ada di benak saat di hotel adalah, bolehkah memberikan uang tip kepada bellboy?

Bellboy adalah salah satu posisi di front office yang bertugas untuk membantu membawa barang bawaan tamu dari lobby hingga kamar.

Berbincang dengan Astrin Christina, Corporate Asst. Manager Operations System Santika Group, soal memberikan uang tip kepada bellboy, Astrin, memberikan tip kepada bellboy adalah hal yang tidak dilarang.

Namun bukan sebuah kewajiban.

"Karena di hotel peraturannya, (uang tip) dikumpulkan menjadi satu, lalu dibagi rata," jelas Astrin saat ditemui di PT. Grahawita Santika, Melawai, Jakarta.

Memberikan uang tip kepada bellboy sifatnya sukarela. Oleh karena itu, pihak hotel akan memberikan surat peringatan jika bellboy meminta imbalan secara sengaja.

Uang Deposit Hotel untuk Apa? Ini Penjelasannya

3 Hal Ini Dilarang Dibawa Masuk ke Kamar Hotel

Dianggap Tidak Sopan, Jangan Pakai Sandal Hotel Saat Keluar

Tamu juga diperkenankan memberikan teguran dan mengadukan kepada pihak hotel apabila bellboy memaksa meminta uang tip.

Sebab, pada dasarnya, semua tamu berhak mendapatkan pelayanan bellboy, tak peduli berapa banyak dan ukuran barang bawaan.

"Semua tamu memiliki hak yang sama. Tas besar atau kecil bisa dibantu dengan bellboy," jelas Astrin. Jika koper yang diangkut banyak, maka koper dan tas tersebut akan diberikan label.

Hal tersebut berfungsi menandai barang milik siapa dan akan dibawa ke kamar nomor berapa. Bellboy juga akan secara mudah mengantar barang-barang tersebut ke kamar tamu.

Hati-hati Saat Traveling, Ada Virus Corona Mematikan dari China

5 Jenis Asuransi Buat Traveler yang Bepergian ke Tempat dengan Potensi Banjir

Ketika sudah barang sudah diantar ke kamar, label di barang bawaan akan diambil kembali oleh bellboy. Namun, perlu dicatat, tidak semua hotel memiliki jasa bellboy.

Rata-rata hotel berbintang tiga ke atas yang menyediakan jasa bellboy. Hotel budget juga biasanya tidak menyediakan fasilitas bellboy, namun para staf bisa membantu mengantarkan barang tamu.

Sering Belanja Online, Waspada Pencurian Data Pribadi, Ini Cara Mencegahnya

4 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Menggunakan Kartu ATM

"Di Amaris, staf merangkap menjadi bellboy, jika tamu terlihat masih muda dan masih kuat maka akan ditegur dengan halus bahwa hotel tersebut tidak punya fasilitas bellboy," papar Astrin.

Hotel budget akan memprioritaskan beberapa tamu seperti tamu lansia, tamu yang membawa anak-anak, ibu hamil, dan penyandang disabilitas. Staf akan sigap memberi bantuan untuk mengangkut barang bawaan mereka.

Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved