Destinasi Wisata

Pulau Kumala, Jadi Ikon Destinasi Wisata Tenggarong

Lokasinya pun cukup strategis, berada di tengah pusat kota Tenggarong dan berdekatan dengan jembatan Kutai Kartanegara.

Editor: Geafry Necolsen
Tribun Kaltim
Pulau Kumala menjadi satu dari beberapa Destinasi wisata yang ada di Tenggarong Kutai Kartanegara. Untuk bisa masuk ke pulau tersebut cukup membayar Rp 5 ribu (anak-anak) dan Rp 7 ribu (dewasa). TRIBUNKALTIM.CO /JINO PRAYUDI KARTONO 

Pulau Kumala, Jadi Ikon Destinasi Wisata Tenggarong

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Jino Prayudi Kartono

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Kutai Kartanegara merupakan sebuah daerah dengan luas sekitar 27.263km2. Dengan total luasan tersebut mencakup sekitar 18 kecamatan, 44 kelurahan dan 193 desa. Pada tahun 2017 Kabupaten terbesar kedua setelah Kutai Timur 8ji memiliki jumlah penduduk sekitar 670 ribu.

Dengan kondisi wilayah yang luas Kabupaten ini memiliki berbagai macam aset bernilai. Tak hanya potensi sumber daya alamnya saja yang dijual, melainkan sektor pariwisata di Kukar juga memiliki nilai yang lebih.

Di ibukota Kabupaten Tenggarong saja memiliki beberapa spot pariwisata. Salah satunya adalah pulau Kumala ini. Lokasi yang berada di antara Kecamatan Tenggarong dan Tenggarong Seberang ini menjadi satu dari beberapa lokasi wisata yang ada di Kutai Kartanegara.

Lokasinya pun cukup strategis, berada di tengah pusat kota Tenggarong dan berdekatan dengan jembatan Kutai Kartanegara. Akses menuju ke tempat ini sangat mudah. Dari Balikpapan, Anda cukup menempuh jarak kurang lebih 10 kilometer atau sekitar dua sampai tiga. Jam dari kota Balikpapan.

Dari kota Samarinda hanya melewati jalan Poros Tenggarong-Samarinda cukup memakan waktu sekitar 30 menit. Jika lima tahun yang lalu, para wisatawan harus menggunakan perahu atau kapal untuk mengunjungi pulau tersebut. Sejak jembatan repo-repo yang diresmikan dua tahun lalu masyarakat cukup melewati jembatan tersebut.

Setelah tiba di pulau Kumala pengunjung cukup membayar sekitar Rp 5 ribu untuk anak-anak. Orang dewasa cukup membayar Rp 7 ribu untuk bisa masuk ke lokasi tersebut.

Pura di Pulau Kumala
Pura yang berlokasi di pulau Kumala ini menjadi spot foto bagi pada wisatawan yang datang ke pulau tersebut. TRIBUNKALTIM.CO /JINO PRAYUDI KARTONO

Terdapat beberapa titik wahana yang dimiliki pulau ini, beberapa spot seperti rumah lamin yang berada di sisi timur pulau dapat dikunjungi. Kemudian ada pura yang bisa dijadikan sebagai tempat foto para wisatawan yang datang ke pulau ini.

Di ujung kiri pulau ini terdapat patung kepala naga yang juga jadi lokasi foto. Kemudian di sisi kanan pulau terdapat patung lembuswana dan tulisan pulau Kumala yang instagramable. Namun untuk ke lokasi yang disebutkan tadi cukup membutuhkan energi lebih jika ingin berjalan kaki.

Bagi yang ingin tidak capek saat mengunjungi beberapa area lokasi pulau, pengelola menyewakan sepeda atau motor listrik. Penyewaan mulai dari Rp 25 ribu saja.

Atau bisa juga menggunakan jasa dolar untuk keliling pulau Kumala. Cukup membayar Rp 100 ribu Anda bisa berkeliling pulau.

"Nanti bisa stop dulu buat foto-foto," kata Kesih salah satu supir Dokar. Pulau ini buka setiap hari mulai pukul delapan pagi sampai setengah enam sore. (jnp)

*Caption
1. Pulau Kumala menjadi satu dari beberapa Destinasi wisata yang ada di Tenggarong Kutai Kartanegara. Untuk bisa masuk ke pulau tersebut cukup membayar Rp 5 ribu (anak-anak) dan Rp 7 ribu (dewasa). TRIBUNKALTIM.CO /JINO PRAYUDI KARTONO

2. Dari jembatan repo-repo wisatawan bisa melihat jelas jembatan Kutai Kartanegara. TRIBUNKALTIM.CO /JINO PRAYUDI KARTONO

3. Pura yang berlokasi di pulau Kumala ini menjadi spot foto bagi pada wisatawan yang datang ke pulau tersebut. TRIBUNKALTIM.CO /JINO PRAYUDI KARTONO

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved