Kuliner

Cakue Ko Atek, Jajanan Terkenal di Gang Kelinci Pasar Baru

Dari awal toko berdiri di tahun 1971, Ko Atek tidak pernah berpindah lokasi dan tetap berada di Gang Kelinci.

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Geafry Necolsen
Jakarta Post
Ko Atek tengah menyiapkan cakwe 

Cakue Ko Atek, Jajanan Terkenal di Gang Kelinci Pasar Baru

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Apabila kamu sedang berada Pasar Baru, Jakarta, cobalah mampir ke sebuah toko cakwe yang terkenal di area ini.

Susuri jalanan kecil bernama Gang Kelinci dan temukan toko yang menjual cakwe dan kue bantal Cakue Ko Atek.

Berdiri sejak tahun 1971, toko legendaris ini bernuansa warna hijau terang. Sejak pertama buka hingga ini, toko ini tidak pernah berpindah dari tempatnya yang berlokasi di Jalan Belakang Kongsi Nomor 31.

Beberapa pelanggan menyebutkan bahwa cakwe dan kue bantal dibeli akan tetap terasa renyah dan gurih walaupun sudah beberapa jam setelah digoreng.

Ko Atek berbagi rahasia bagaimana menjaga kerenyahan kue yang dibuatnya. Ia menuturkan rahasianya terletak dari minyak yang digunakan.

“(Gorengnya) pakai minyak kelapa murni, bukan pakai minyak kelapa sawit. Makanya hasil akhir jauh lebih renyah dan tidak berminyak,” kata Ko Atek di Gang Kelinci, Pasar Baru, Jakarta.

Menurut Ko Atek, penggunaan minyak kelapa sawit dalam proses penggorengan cakwe dan kue bantal miliknya akan memengaruhi rasa dan tekstur.

Oleh karena itu, Ko Atek lebih memilih minyak goreng berkualitas tinggi. Ko Atek biasanya mulai menggoreng cakwe dan kue bantal setiap pukul 10:00 WIB bersamaan dengan jam buka tokonya.

Sementara untuk pembuatan adonan, Ko Atek biasanya akan menghabiskan waktu selama satu jam pada malam sebelumnya.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved