Ini Dia, Cerita Rakyat di Balik Penamaan Kepulauan Derawan

Nama Pulau Derawan sendiri berasal dari sebuah mitos romantis, tidak jelas siapa yang yang pertama kali mengisahkan cerita rakyat ini.

Editor: Januar
derawan.indonesia-tourism.com
Pulau Kaniungan di Kalimantan Timur 

TRIBUNKALTIM.CO – Setiap daerah pasti punya sejarah, terutama nama-nama kawasan tertentu. Demikian pula dengan nama-nama pulau di Kabupaten Berau.

Sebagian nama-nama pulau itu kini tak lagi asing di telinga.

Meski mungkin banyak orangyang belum pernah singgah ke Pulau Derawan, Semama, Maratua, Sangalaki, Kakaban yang ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Penamaan sebuah tempat biasanya berdasarkan ciri-ciri tertentu, atau peristiwa besar yang pernah terjadi. Bisa juga dari nama seorang tokoh yang terkenal.

Tapi tidak jarang, nama-nama itu diperoleh dari mitos warga setempat.

 Berikut Deretan Kuliner Enak yang Cocok Dinikmati di Musim Hujan, Soto hingga Pempek Palembang

 Ada yang Belum Pernah Anda Coba? Berikut ini 10 Deretan Kuliner Populer di Kota Makassar

 Kabar Gembira untuk Mahasiswa dan Pelajar, Promo Tiket Masuk Dufan hingga 31 Maret 2020

Nama Pulau Derawan sendiri berasal dari sebuah mitos romantis, tidak jelas siapa yang yang pertama kali mengisahkan cerita rakyat ini.

Tribun Kaltim Travel pertama kali mendengar kisah ini dari Ahmad Rifai yang saat itu menjabat sebagai Wakil Bupati Berau (sekarang anggota DPRD).

Meski selalu memasang wajah serius, Ahmad Rifai tak jarang melontarkan humor atau kisah-kisah menarik lainnya untuk menghindari ketegangan dalam rapat-rapat yang dipimpinnya.

Dalam sebuah acara kedinasan bertema wisata, Rifai pernah bercerita tentang asal-usul nama Pulau Derawan.

Meski ada beberapa baris cerita yang sama tentang sejarah nama Pulau Derawan, namun saat melakukan pencarian cerita rakyat di internet, anda tidak akan menemukan kisah selengkap versi Ahmad Rifai.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved